Sekretaris Komisi C DPRD Surabaya Agung Prasodjo secara rutin menggelar buka puasa bersama sekaligus membagikan bingkisan kepada para Ketua RT dan RW di daerah pemilihan (Dapil) 4 Kota Pahlawan, Jatim.

"Alhamdulillah bisa berbagi dengan warga yang membutuhkan di bulan yang suci ini," katanya di Surabaya, Senin.

Adapun Dapil 4 Kota Surabaya meliputi kecamatan Wonokromo, Sawahan, Gayungan, Jambangan dan Sukomanunggal.

Agung mengatakan, kegiatan berbuka puasa bersama dan membagikan bingkisan berupa barang dan uang merupakan salah satu kegiatan rutin yang selalu dilakukannya setiap Bulan Suci Ramadhan.

"Hampir setiap hari di pertengahan Ramadhan ini, saya menggelar buka bersama. Semoga ini menjadi berkah Ramadhan," kata Agung.

Anggota Fraksi Golkar DPRD Surabaya ini menuturkan, setidaknya ada dua hal yang harus menjadi pegangan bagi umat Islam yakni momentum Bulan Suci Ramadhan ini adalah harus mawas diri.

"Kita harus merenungkan bagaimana iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Untuk itu perlu adanya peningkatan diri seiring dengan usia yang bertambah. Selain itu, wawasan, dimana harus bisa menelaah terhadap apa yang dilakukan di tahun depan," katanya.

Selain itu, Agung juga mengapresiasi kebijakan Pemkot Surabaya berupa penyaluran zakat di Kota Pahlawan yang saat ini tidak lagi bersifat bantuan, melainkan diwujudkan dengan pemberian modal usaha.

Menurut dia, zakat, infaq, serta sedekah yang disalurkan oleh masyarakat ke lembaga penerima zakat akan menjadi bagian dalam pembangunan Kota Surabaya, yakni dalam proses pengentasan kemiskinan dan pengangguran.  

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, Pemkot Surabaya, Kemenag Surabaya, Baznas Surabaya, dan LAZ se-Surabaya akan melakukan penyatuan data terhadap warga miskin. Dari data tersebut, akan lebih mempermudah penyaluran zakat modal usaha. Modal usaha tersebut bisa berupa alat dagang, agar penerima manfaat bisa mandiri secara ekonomi. 

"Alhamdulillah kami punya kekuatan dan cara pandang yang sama. Maka kami akan menyatukan data, selanjutnya kamu akan menjadikan mustahiq (penerima zakat) menjadi muzakki (penyalur zakat)," katanya.
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023