Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya membuka Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 2023 dan memberi pelayanan konsultasi gratis untuk mewadahi pelaporan persoalan pembayaran hak bagi para pekerja di wilayah setempat.

"Posko utama kami ada di Kantor LBH Surabaya di Jalan Kidal,  Sekretariat FPL Surabaya Jalan Putat Jaya Timur 4B Nomor 37, Sekretariat Stren Kali wilayah Kampung Baru, Kantor LBH Buruh dan Rakyat Jatim Jalan Pondok Jati Blok BE-16, Sidoarjo," kata Koordinator Posko THR Dimas Prasetyo di Kantor LBH Surabaya, Kamis.

Selain mendatangi lokasi posko, LBH Surabaya juga membuka pelayanan aduan pembayaran THR Idul Fitri 2023 melalui layanan hotline di nomor 031-5022273.

Pengaduan juga bisa dilayangkan melalui aplikasi pesan singkat maupun SMS di nomor 0819-3840-0001, 0823-3723-0766, dan 0898-3810-0499.

Kemudian, masyarakat dapat mengadukan persoalan pembayaran THR Idul Fitri dengan cara berkirim pesan elektronik ke alamat jatim.poskothr@gmail.com maupun mengisi Google Form di https://urlis.net/poskoTHR2023.

"Pelaporannya boleh secara pribadi atau mengatasnamakan kelompok, baik secara offline di posko-posko kami maupun melalui layanan online," ujarnya.

Dimas memastikan setiap aduan yang masuk bakal langsung disalurkan ke pihak Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur.

Tak hanya itu, pihak LBH Surabaya siap melayangkan somasi bagi setiap perusahaan yang tak melakukan pembayaran atau menunda pembayaran THR Idul Fitri 2023.

"Kami pastikan nama pelapor atau pengadu soal THR akan disembunyikan," ucapnya.

LBH Surabaya berharap setiap laporan persoalan THR nantinya bisa ditindaklanjuti oleh Disnakertrans Jawa Timur dengan memberikan sanksi tegas bagi pihak perusahaan.

Menurut dia, sejauh ini langkah Dinakertrans merampungkan persoalan pembayaran THR dirasanya masih belum maksimal.

"(Selama ini) belum ada tindakan kongkret terkait sanksi dari Disnakertrans maka dalam pembukaan (Posko THR 2023) laporan pelanggaran ditindak tegas," tuturnya.


Lokasi Posko Pengaduan THR 2023 LBH Surabaya:

1. Posko utama Kantor LBH Surabaya di Jalan Kidal
2. Sekretariat FPL Surabaya Jalan Putat Jaya Timur 4B Nomor 37
3. Sekretariat Stren Kali wilayah Kampung Baru
4. Kantor LBH Buruh dan Rakyat Jatim Jalan Pondok Jati Blok BE-16, Sidoarjo

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023