Dinas Perhubungan Kota Madiun menambah sejumlah rambu-rambu sebagai upaya mendukung keamanan dan keselamatan berlalu lintas, utamanya dalam menghadapi masa angkutan Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Subakri mengatakan penambahan pemasangan rambu-rambu lalu lintas tersebut salah satunya adalah dengan memasang road stud atau paku jalan di sejumlah jalan protokol Kota Madiun, di antaranya sepanjang Jalan Kolonel Marhadi, Panglima Sudirman, dan dr Soetomo.

"Saat ini kami fokuskan pemasangan di jantung atau pusat kota. Tujuannya, untuk meningkatkan keamanan pengguna jalan," ujar Subakri di Madiun, Rabu.

Total ada 279 titik lokasi pemasangan rambu-rambu paku jalan. Dishub menggunakan paku jalan yang berbentuk persegi dan memanfaatkan energi matahari sehingga lebih hemat dalam perawatan.

Lebih lanjut, Subakri menjelaskan bahwa upaya pengamanan lalu lintas ini juga dilakukan dalam rangka menyambut Lebaran 2023. Harapannya, pemudik yang melewati Kota Madiun nantinya bisa merasa aman dan nyaman. Khususnya, pada malam hari.

Selain memasang paku jalan, Dishub Kota Madiun juga melakukan pengecekan rambu-rambu lalu lintas yang rusak atau sudah usang.

"Kalau ada yang rusak atau usang segera kami ganti dengan yang baru atau melakukan perawatan agar lebih baik," tambahnya.

Dia menegaskan pihaknya bersama anggota kepolisian akan menyiagakan personelnya untuk pengamanan lalu lintas selama Lebaran.

Sementara, sesuai informasi, rambu-rambu paku jalan berfungsi sebagai reflektor marka jalan, khususnya pada malam hari terlebih jika jalanan tidak dilengkapi dengan lampu penerangan yang mumpuni ataupun berguna saat cuaca ekstrem.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023