Pemerintah Kabupaten Jember melibatkan puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam kegiatan pasar murah Ramadhan yang digelar di 21 kecamatan di kabupaten setempat.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Ervita Afdilah Sari bersama Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Bambang Saputro membuka pasar murah Ramadhan di Kantor Kecamatan Kalisat, Senin.

"Pembukaan pasar murah itu diikuti sekitar 30 pelaku UMKM, dan mereka tidak menjual bahan pokok saja, tetapi ada juga yang menjual hasil karya kerajinan tangan di daerah sekitar," kata Ervita usai membuka pasar murah Ramadhan di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember.

Menurutnya kegiatan pasar murah yang digelar selama Ramadhan di beberapa kecamatan secara bergantian diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Semoga dengan adanya pasar murah dapat menekan laju inflasi di Jember karena biasanya harga bahan pokok melonjak jelang Lebaran, sehingga diharapkan harga sembako tidak meningkat secara signifikan," tuturnya.

Sementara Kepala Disperindag Jember Bambang Saputro mengatakan antusias masyarakat cukup tinggi, sehingga banyak warga yang menyerbu sejumlah komoditas pangan yang sudah disediakan.

"Harga sejumlah bahan pokok yang disediakan di pasar tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran, sehingga diharapkan masyarakat dapat meringankan beban masyarakat menjelang Lebaran," katanya.

Dalam kegiatan itu, pihak Bulog Jember membawa sebanyak 2 ton beras medium dengan harga Rp43.000 untuk kemasan 5 kilogram langsung diserbu warga dan telur ayam ras dijual Rp26.500 per kilogram, sedangkan di pasaran harga telur ayam ras mencapai Rp29.000 per kilogram.

"Harga-harga kebutuhan pokok merangkak naik di bulan suci Ramadhan, sehingga dengan adanya pasar murah yang dilakukan di 21 kecamatan di Jember dapat mengendalikan harga sembako," ujarnya.

Selain kegiatan pasar murah yang tersebar di 21 kecamatan, Disperindag Jember juga menggelar operasi pasar di sejumlah masjid yang akan dikunjungi oleh Bupati dan Wakil Bupati Jember dalam program Jember Berbagi.

"Kegiatan pasar murah juga digelar di alun-alun Jember setiap hari yang digelar sore hingga malam hari, sehingga diharapkan semua kegiatan pasar murah dapat mengendalikan laju inflasi," katanya.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023