Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, Jawa Timur, mulai mempersiapkan pos pengamanan (pos pam) dan pos pelayanan di sepanjang jalur pantura Situbondo selama arus mudik Idul Fitri (Lebaran)  1444 Hijriah.

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Suwarno di Situbondo, Jumat, mengatakan pihaknya bakal mendirikan satu pos pelayanan di wilayah barat perbatasan Situbondo-Probolinggo, tepatnya di tempat istirahat Utama Raya Kecamatan Banyuglugur.

"Di pos pelayanan ini, kami siapkan juga tempat istirahat bagi pemudik, tempat bermain bagi anak-anak, kami juga siapkan tukang pijat (refleksi) sehingga pemudik benar-benar bisa santai melepas lelah sejenak. Karena ini juga menghindari kecelakaan yang disebabkan pemudik kelelahan dalam perjalanan," katanya.

Selain pos pelayanan, kata dia, Polres Situbondo menyiapkan lima pos pengamanan di titik tertentu, yakni pos pengamanan jalur pantura kawasan Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, kawasan perkotaan, Pelabuhan Feri Jangkar, Kecamatan Jangkar, jalur pantura Kecamatan Asembagus, dan jalur pantura Hutan Taman Nasional Baluran Kecamatan Banyuputih.

"Nantinya di sepanjang jalur pantura Hutan Taman Nasional Baluran, kami juga akan memberikan layanan tambal ban keliling gratis kepada para pemudik," katanya.

Mengenai jalan raya pantura yang rusak dan bergelombang, kata dia, pihaknya mulai berkoordinasi dengan Dinas PUPP Kabupaten Situbondo untuk jalan kabupaten, dan jalan provinsi juga berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Jatim.

"Terkait jalan raya pantura berlubang maupun bergelombang kami sudah koordinasi dengan dinas terkait, sehingga sebelum arus mudik sudah dilakukan perbaikan," ujarnya.

Ia menambahkan, di setiap pos pelayanan maupun pos pengamanan terdapat personel gabungan dari kepolisian, TNI, Pramuka, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan petugas kesehatan.

"Kami tetap mengimbau nantinya pemudik tetap hati-hati dalam perjalanan. Ketika lelah bisa istirahat di pos pelayanan maupun pos pengamanan yang kami siapkan," demikian Suwarno.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023