Kalau makan bakso itu sudah biasa, apalagi minum es kelapa muda juga sudah biasa dinikmati semua orang, namun apa jadinya kalau bakso dicampur dengan kepala muda yang disajikan langsung menggunakan batok kelapanya.

Nah, salah satu kedai kuliner "Nara Food Garden" di Kabupaten Jember menawarkan menu spesial yakni bakso iga kelapa muda yang memiliki cita rasa unik perpaduan segar manis dan gurih dalam sebuah sajian kuliner yang tak biasa itu.

Yuyun Handayani selaku owner kedai mengatakan awalnya ia bersama suaminya coba-coba membuat kreasi bakso kelapa muda karena memanfaatkan potensi melimpahnya buah kelapa muda yang berada di lingkungan sekitar rumahnya.

"Bakso iga kelapa muda itu menggunakan kelapa muda pilihan yang diambil langsung dari pohon kelapa di sekitar, agar kualitas rasa daging buah yang berpadu dengan kuah kaldu iga sapi bisa menjadi lebih maknyus," katanya.

Bagian atas batok kelapa dibuka melingkar dan airnya dikeluarkan, kemudian diisi pentol bakso, mi bihun, iga sapi, tahu, siomay, gorengan dengan ditaburi daun bawang dan diguyur kuah bakso panas.

Bakso yang disajikan dalam batok kelapa muda segar dan serutan kelapa yang berpadu dengan gurihnya kuah bakso ternyata mampu memberikan cita rasa yang khas dan cara berbeda yang tidak lazim itu ternyata justru diminati banyak orang.

Satu porsi bakso iga kelapa muda dibanderol dengan harga Rp30 ribu dan cukup terjangkau dengan sensasi rasanya, namun apabila tanpa iga sapi, maka pengunjung hanya membayar Rp20 ribu.

Menikmati bakso iga kelapa muda dengan pemandangan sawah menghijau dan taman yang cantik tentu akan menggugah selera untuk menyantap menu yang disajikan.

Tidak hanya itu, pengelola kedai juga menyediakan batu Selo Bonang yakni batu yang dipukul-pukul bisa mengeluarkan bunyi yang berbeda dan kalau berkunjung pada malam hari di kedai tersebut dan tidak turun hujan, maka pengunjung juga bisa melihat kunang-kunang yang beterbangan di sekitar kedai.
 
Selo bonang di sekitar Kedai Nara Food Garden Jember. ANTARA/HO-Hadi Purnomo Nara Food Garden


Nah, bagi pecinta kuliner yang ingin mencoba uniknya sensasi bakso iga kelapa muda sambil menikmati udara segar pedesaan atau sambil melihat kunang-kunang di malam hari, maka bisa datang langsung ke Nara Food Garden yang terletak di Jalan Merpati Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023