Perusahaan Listrik Negara (PLN) membantu kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waru, Kabupaten Pamekasan, Madura, untuk kebutuhan mesin diesel saat pemadaman listrik berlangsung.

Menurut Direktur RSUD Waru Pamekasan Nanang Suyanto di Pamekasan, Ahad, sejak aliran listrik ke Pulau Madura mengalami gangguan dan PLN memberlakukan pemadaman bergilir, pihaknya menggunakan mesin diesel.

"Alhamdulillah tadi kami dibantu BBM sehingga bisa mengurangi beban anggaran bagi rumah sakit," katanya.

Sejak 3 Februari 2023, aliran listrik di Pulau Madura mengalami gangguan akibat kerusakan pada jaringan transmisi.

Gangguan ini menyebabkan pasokan listrik untuk Pulau Madura berkurang hingga 190 MW. PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir setiap hari mulai pukul 16.30 WIB hingga pukul 00.16 WIB.

Sebanyak 342.595 pelanggan atau sekitar 32 persen dari total pelanggan PLN di Pulau Madura yang mencapai 1.059.523 pelanggan terdampak gangguan ini.

Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pemadaman, saat ini pihak PLN menyewa sebanyak 99 unit jenset dengan kapasitas 10,6 MVA untuk membantu objek vital seperti rumah sakit, kantor polisi, koramil/kodim, dan sarana layanan masyarakat lainnya.

"PLN juga telah menugaskan 262 petugas relawan untuk mendukung operasional dan percepatan pemulihan gangguan serta pendistribusian 2.500 lampu emergency," kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pamekasan Feri Asmoro.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023