Yasmin Najma Falihah, penyanyi cilik dari Pondok Pesantren Daarul Falah, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi melantunkan shalawat Asygil pada puncak resepsi Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2).

Di bawah alunan musik twilite orchestra besutan musisi kondang Addie Ms, Yasmin melantunkan selawat Asygil bersama dengan tiga kawannya, yakni Sayed Hasan Syauqi Alaydrus dari Pondok Pesantren Al Anshar Ambon (Maluku), Majda dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum (Jombang) dan Azzam Nur Mukjizat dari Pondok Pesantren Bani Anwar/SLB PKK Gedeg, Mojokerto.

Yasmin yang kehilangan penglihatannya sejak usia dua tahun itu berhasil menghanyutkan ratusan ribu jamaah seabad NU dengan suara merdunya.

"Senang rasanya bisa ikut tampil pada acara ini. Langsung di hadapan Pak Presiden dan para kiai," kata penyanyi cilik berusia tujuh tahun itu.

Untuk bisa tampil di acara puncak resepsi seabad NU ini, Yasmin harus mengikuti sejumlah audisi, mulai dari seleksi daring hingga audisi secara langsung. Saat mengetahui dirinya terpilih semakin memacu Yasmin semangat untuk berlatih.

"Latihan terus soalnya mau tampil di depan Pak Jokowi," kata putri dari K.H. Muhammad Noer Khattib itu.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang turut menyaksikan perhelatan akbar itu turut bangga dengan penampilan Yasmin.

"Ini bukti bahwa Banyuwangi tidak pernah kehabisan talenta muda berprestasi," ujar dia.

Bupati Ipuk berharap dengan tampilnya Yasmin di acara besar itu turut menginspirasi anak-anak muda lainnya di Banyuwangi.

"Semoga kita bisa mengambil inspirasi di dalam memasuki abad kedua Nahdlatul Ulama ini. Terutama dalam mengabdikan diri yang terbaik untuk agama dan bangsa," katanya.

Puncak Resepsi Satu Abad NU dihadiri oleh banyak tokoh. Selain Presiden Joko Widodo juga hadir Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin, Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, dan para kepala daerah juga tampak hadir.

Acara tersebut dimeriahkan dengan sejumlah penampilan menarik dari seniman nasional. Selain orkestra dari Addie MS, juga koreo Banser oleh Denny Malik. Adapula penampilan Kikan Cokelat, Slank dan Rhoma Irama di waktu yang berbeda.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023