Sebanyak sekitar 7.000 orang warga Nahdliyin Situbondo turut menghadiri acara puncak Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo K.H. Muhyiddin Khatib warga Nahdliyyin yang berangkat ke Sidoarjo menggunakan kendaran bus dan kendaraan pribadi.

"Antusias warga NU Situbondo luar biasa untuk ikut memeriahkan satu abad NU dengan biaya sendiri," ujar Kiai Muhyiddin di Situbondo, Senin.

Sebelumnya, kata dia, PCNU Situbondo sudah berkoordinasi dengan panitia peringatan satu abad NU mengenai jumlah warga Nahdliyyin yang akan ikut memeriahkan Harlah NU, karena kapasitas Stadion Delta Sidoarjo terbatas untuk 40.000 orang.

"Kami koordinasikan secara kolektif dengan panitia pusat. Situbondo sebenarnya dapat jatah 10.000 orang, namun mengingat kondisi tempat dan fasilitas kendaraan kami stop di angka 7.000 orang," ujarnya.

Kiai Muhyiddin mengimbau kepada warga Nahdliyyin yang menghadiri Harlah Satu Abad NU 2023 untuk menata, dengan menguatkan motivasi diri untuk berkhidmat di NU guna menyambungkan perjuangan dengan para pendiri NU.

"Sebab keberadaan NU sebagai kekuatan ormas agama merupakan bagian dari syiar Allah SWT," katanya.

Dia berharap dengan satu abad NU ini akan lahir seorang mujaddid atau pembaharu yang bisa memperbaiki situasi yang tidak baik menjadi baik.

"Mengembalikan ajaran yang kusut menjadi baru lagi dan menghidupkan ajaran-ajaran Islam yang sudah mati dengan semangat satu abad NU sesuai dengan harapan Rasulullah SAW," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan mengatakan pemerintah daerah melalui Dinas Sosial, BPBD dan beberapa OPD terkait lainnya menyiapkan dapur umum untuk melayani warga Nahdliyin Situbondo.

"Dapur umum itu menyediakan ribuan nasi bungkus untuk konsumsi bagi para warga Nahdliyim Situbondo yang menghadiri acara puncak Resepsi Satu Abad NU di Stadion Sidoarjo," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023