PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, menghadirkan atraksi seni tradisional China Barongsai untuk menghibur para penumpang di Stasiun Madiun dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574, Minggu.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan selain memeriahkan Tahun Baru Imlek 2574/2023, pertunjukan barongsai tersebut juga merupakan bentuk apresiasi KAI kepada pelanggan KA.

"Dengan menghadirkan atraksi Barongsai serta berbagi hadiah, KAI berharap dapat terus memberikan hiburan dan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, sehingga meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kereta api," ujar Supriyanto di Stasiun Madiun.

Dalam atraksinya, Barongsai tersebut mengawali dengan berbagi kebahagiaan secara simbolis membagikan jeruk mandarin kepada Deputy VP Daop 7 Madiun Irene Margareth, sebagai simbol penghormatan dan juga rezeki bagi perusahaan.

Atraksi Barongsai dilanjutkan dengan melakukan berbagai gerakan yang menghibur pelanggan KA selama 2 jam di Stasiun Madiun, dilanjutkan dengan memberikan angpau dari KAI, serta melayani foto bersama pelanggan.

"Bagi para penumpang juga telah disiapkan angpau dari KAI yang berisi voucher naik KA, voucher makan, dan suvenir menarik yang diberikan langsung dalam atraksi Barongsai tersebut," kata Supriyanto.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan angpau dari KAI para pelanggan diwajibkan telah menginstal dan bertransaksi menggunakan aplikasi KAI Acces di ponsel pintarnya.

Selama pelaksanaan, para petugas mengimbau pelanggan untuk menggunakan masker selama berada di area stasiun. Aturan ini juga diterapkan bagi petugas dan tim Barongsai yang berada di stasiun.

Selain itu, dalam menyambut Tahun Baru Imlek KAI menghadirkan promo "New Year Deals" yang dapat dipesan dengan aplikasi KAI Access mulai tanggal 20 sampai dengan 31 Januari 2023 untuk keberangkatan 21 Januari sampai dengan 7 Februari 2023.

Pada promo New Year Deals tersebut, KAI menjual tiket promo kelas eksekutif hanya Rp200.000, kelas Bisnis hanya Rp150.000, dan Ekonomi hanya Rp100.000 yang disediakan terbatas.

"Promo dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access dari 20 hingga 31 Januari 2023 untuk keberangkatan 21 Januari sampai 7 Februari 2023," ucapnya.

Supriyanto menegaskan, selama momentum libur Imlek kali ini okupansi pelanggan di KAI Daop 7 Madiun mencapai sebanyak 11.531 orang sejak Jumat (20/1) hingga Senin (23/1). Dengan rincian pada Jumat 20 Januari 2023 tercatat sebanyak 4.459, Sabtu 21 Januari sebanyak 2.264 orang, Minggu 22 Januari sebanyak 2.004 orang, dan Senin 23 Januari 2.804 sebanyak penumpang KA.

"Semoga di tahun baru Imlek 2574, kita semua bisa mendapatkan berkah kekayaan dan kemakmuran," kata Supriyanto.

Sementara itu, atraksi Barongsai tersebut mendapat tanggapan positif para calon penumpang KA. Mereka sangat senang dan terhibur dengan kesenian tradisional China tersebut.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023