Hotel Vasa Surabaya menyuguhkan makanan khas dari budaya masyarakat Tiochiu Tiongkok untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2574 yang jatuh pada 22 Februari 2023 bagi para tamunya.

Cluster Director Food and Beverage Tanly Hospitality Mini Tanuwijaya, di Surabaya, Jumat, mengatakan makanan khas yang disajikan menggambarkan semangat menyongsong tahun 2023 agar kelimpahan dan kemakmuran yang didapat juga semakin besar.

"Yee Shang atau Yusheng adalah makanan etnik khas Tionghoa yang sangat identik dengan Imlek, makanan tersebut tidak hanya sekadar hidangan pembuka, namun juga merupakan simbol doa dan harapan. Tentunya harapan ini adalah untuk kita semua," katanya.

Menurut dia, Yee Shang merupakan makanan yang menyerupai salad kuno dengan berbahan dasar ikan mentah yang direndam dengan minyak wijen dan beberapa rempah, biasanya disajikan dengan beberapa sayuran segar seperti wortel dan lobak.

"Sesaat sebelum disantap biasanya Yee Shang akan dicampur terlebih dahulu, kemudian diangkat menggunakan sumpit setinggi-tingginya karena sebagai simbol semakin melimpah rezeki dan kemakmuran yang didapat," ucapnya.
 
Seorang Chef (ketiga kanan) menyajikan makanan khas Tiongkok Yee Shang untuk menyambut khas perayaan Tahun Baru Imlek, di Hotel Vasa, Surabaya, Kamis (12/1/2023). ANTARA/HO-Hotel Vasa Surabaya


Selain itu, Director of Marketing Hotel Vasa Surabaya Mona Cella menambahkan pihaknya juga ingin memberikan highlight kepada budaya Tionghoa yang tidak bisa dipungkiri membawa keragaman bagi kekayaan Indonesia, khususnya di Surabaya.

"Kami ingin membawa pesan yang lebih besar tentang Imlek, selain Yee Shang yang sangat besar ini untuk optimisme dan harapan baik di tahun 2023, namun juga tentang toleransi. Imlek adalah bagian sejarah besar bagi Indonesia dan kami ingin merayakan nya bersama-sama, untuk Indonesia yang kaya akan budaya," katanya.

Selama Yee Shang ceremony, lanjutnya, para pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan suasana khas budaya Tiongkok yang kental beserta hidangan delapan menu autentik terbaik.

Seperti, Big Harvest Fresh Fruit Yee Shang, Baked Lobster with Mongolia Cheese, Buddha Jump Over The Wall (Fo Tiao Qiang) dan Chinese Braised Oxtail with Shandong Peanut.

Kemudian, Steamed Grouper Fish with Black Fungus and Hunan Salted Chili, Braised Abalone F5, Healthy Glutionous Twin Rice dan Japanese Azuki Red Bean with Bird's Nest.

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat memilih untuk merayakan Imlek di Xiang Fu Hai Cuisine – award winning restaurant by Tripadvisor atau di M-Floor Vasa Hotel Surabaya dengan thematic room.

"Pengunjung dapat mencicipi hidangan tersebut mulai dari harga Rp1.268.000 per orang selama malam perayaan pada Sabtu, 21 Januari 2023,"ujarnya.
 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023