Ratusan pesepeda meramaikan agenda "First Sunday Ride" (FSR) Tahun 2023 dengan menempuh jarak sepanjang 55 km di Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Agenda yang diselenggarakan Komunitas 031 Brompton dan Bike to Work Surabaya itu melibatkan lebih dari 250 pesepeda di Kota Pahlawan, salah satunya peserta yang ikut adalah Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti.

"Alhamdulillah, sampai finish di Alun-Alun Surabaya, rute yang lumayan panjang akhirnya bisa terlampaui," kata Reni.

Walau cuaca mendung, namun hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme para peserta yang berpartisipasi pada kegiatan yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB itu.

Adapun rute yang dimulai dari Balai Kota-Ambengan-kembang Jepun-Jembatan Suroboyo-Bundaran ITS-Manyar Kertoarjo-Panglima Sudirman-Mayjen Sungkono-Unesa Lidah-Wiyung-Karah-Kebonsari-A Yani-Basuki Rachmad-Praban-Tunjungan dan berakhir di Alun-Alun Balai Pemuda.

Reni mengatakan, banyak hal yang dirasakan, terlebih mengayuh sepeda dengan jarak yang cukup panjang melintas hingga Surabaya Utara, Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Selatan dengan start dan finish di Surabaya Pusat.

"Jadi gowes itu ibarat menjalani perjalanan kehidupan, ada saatnya enak ya jalurnya. Ada kemudian berat, menanjak," kata Reni.

Politisi yang juga gemar olahraga joging itu menyebutkan tantangan paling berat saat melakoni rute gowes itu yakni ketika melalui jalur-jalur tanjakan.

"Rute paling berat di Mayjen Sungkono, kemudian dekat Unesa yang menuju Wiyung itu lumayan karena ada tanjakan," ujar dia.

Menurut dia, agenda tersebut merupakan pengalaman pertama dirinya bersepeda dengan menempuh jarak yang cukup jauh.

"Baru kali ini, biasanya berangkat dari rumah ke kantor itu sekitar 11 km sekali tarikan," kata dia.

Meski di sela perjalanan sempat diguyur hujan tapi tidak mengurangi keseruan acara gowes perdana di awal tahun baru itu.

"Terima kasih komunitas 031 Brompton dan Bike to Work Surabaya yang memeriahkan hari pertama 2023 dengan aktivitas ramah lingkungan, gowes bersama, ini makin perkuat upaya wujudkan Surabaya Menjadi Kota Ramah Pesepeda" ujar Reni.

Terakhir di sesi penutupan kegiatan, politikus asal PKS itu juga menyampaikan pesan semangat menyambut tahun baru 2023 agar senantiasa menjadi insan-insan yang lebih baik lagi.

"Sehat selalu, sukses selalu, semoga di tahun 2023, kita menjadi pribadi yang lebih baik. Raga, jiwa, dan juga pikira," kata dia.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023