Jumlah pengunjung Taman Wisata Umbul di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur meningkat signifikan pada liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang bersamaan dengan libur sekolah.

Manajer Pemasaran Taman Wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square Agus Mahendra di Madiun, Jumat, mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung tersebut tercatat mencapai 50 persen dibandingkan dengan hari biasa.

"Jumlah pengunjung pada hari biasa paling sekitar 500-an orang. Saat liburan Natal kemarin tanggal 25 dan 26 Desember hingga jelang momentum tahun baru ini, tercatat naik hingga kisaran 1.000 sampai 1.100 orang setiap harinya," ujar Agus.

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung secara umum telah terjadi sejak memasuki libur sekolah tanggal 19 Desember 2022. Namun, peningkatan yang signifikan terpantau saat libur Natal tanggal 25 Desember lalu.

Pihaknya memperkirakan pengunjung di Taman Umbul masih cukup banyak hingga tahun baru tanggal 1 Januari 2023. Para pengunjung tersebut tidak hanya berasal dari Madiun saja namun sejumlah daerah lain seperti Magetan, Ponorogo, Ngawi, dan kota-kota lainnya.

Ia menilai kenaikan kunjungan tersebut dipengaruhi oleh banyaknya wahana permainan yang disediakan pengelola di Taman Wisata Umbul. Pihak pengelola terus berbenah untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat wisata yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda tersebut.

Selain itu, keberadaan kebun binatang kecil Umbul yang merupakan lembaga konservasi satwa dilindungi tersebut juga cukup menarik pengunjung untuk menjadi sarana pembelajaran tentang fauna.

Adapun, sejumlah wahana yang terdapat di Umbul antara lain, wahana kolam renang, taman bermain, pendopo untuk beristirahat, dan kebun binatang kecil atau "mini zoo" dengan koleksi satwa yang cukup banyak. Sejumlah koleksi satwa yang ada di kebun binatang kecil Umbul, di antaranya kera Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, dan aneka jenis Aves.

Salah satu pengunjung asal Ponorogo, Vita Tri, mengaku senang dengan kondisi Taman Wisata Umbul saat ini. Selain banyak wahana yang ditawarkan, kondisi tempatnya juga lebih bersih dan nyaman.

"Tempatnya strategis, tidak jauh tapi lengkap fasilitasnya. Yang utama adalah kebun binatang mininya. Sangat bagus untuk mengenalkan anak-anak tentang binatang saat liburan seperti ini," kata Vita.

Faktor penarik lainnya adalah harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Pihak pengelola Taman Wisata Umbul menetapkan tiket masuk sebesar Rp10.000 saat hari biasa dan Rp20.000 saat akhir pekan.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022