Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Andromeda Qomariah mengapresiasi upaya swasta dalam hal ini PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) yang mendorong kemajuan UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC).

Andromeda Qomariah dalam siaran persnya di Surabaya, Senin, mengatakan pengembangan toko kelontong yang dilakukan oleh SRC bisa terus berjalan dan semakin luas.

“Bukan hanya di dalam penyediaan produk-produk pabrikan, tetapi juga di dalam memasarkan produk-produk unggulan lokal sehingga ada sinergi di suatu daerah,” ujarnya.

Andromeda menambahkan UMKM membutuhkan bantuan legalitas, digitalisasi, serta peningkatan sumber daya manusia dan produksi agar dapat naik kelas.

Dengan demikian, toko kelontong dapat bergerak hingga ke tingkat nasional dan global.

SRC, kata dia, yang didukung dengan komunitas yang kuat, dapat membuat ekonomi di Jatim dan juga Indonesia semakin tumbuh dan berkembang.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional



 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022