Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terus mengasah kemampuan atlet-atletnya dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke-VIII yang akan digelar tahun depan.

Selain latihan rutin, Perbasi Situbondo mempersiapkan atletnya dengan mengikuti Festival Olahraga Situbondo yang digelar oleh pengurus KONI setempat.

"Perbasi mengikuti festival olahraga ini juga untuk menjaring atlet-atlet bola basket yang berpotensi," ujar Ketua Cabang Olahraga Perbasi Kabupaten Situbondo Taufik Hadi Suryanto di Situbondo, Senin.

Dia mengakui bahwa KONI Situbondo mendukung terhadap kemajuan olahraga, dengan memberikan wadah untuk mengembangkan olahraga di Situbondo, salah satunya cabang olahraga basket.

Menurut Hadi, sapaan Taufik Hadi Suryanto, selama dua tahun ini kegiatan basket di Situbondo vakum akibat pandemi COVID-19 termasuk cabang olahraga lainnya.

"Oleh karena itu, Festival Olahraga yang digelar KONI Situbondo menjadi ajang melepas rindu terhadap even-even olahraga, salah satunya basket," kata dia.

Hadi mengatakan, ini juga untuk melepas kerinduan terhadap even bola basket dan juga apresiasi Perbasi kepada KONI setempat yang selalu memberikan dukungan kepada cabor basket dan lainnya.

Dia menambahkan, potensi basket di Situbondo cukup bagus. Melalui festival olahraga, Perbasi menggali atlet yang potensial untuk memberikan performa yang lebih baik lagi pada ajang porprov mendatang.

"Perbasi berencana untuk membentuk kelompok umur dari SD hingga perguruan tinggi, untuk menciptakan bibit-bibit muda. Kami punya talent scouting untuk mendukung rencana itu, dan akan bentuk mulai tahun depan," ujar dia.

Dalam kejuaraan basket antar-sekolah yang berlangsung pada Jumat, 16 Desember 2022, untuk tim putri dimenangkan SMAN 1 Situbondo, SMKN 1 Panji menduduki peringkat kedua dan peringkat ketiga SMAN 2 Situbondo.

Sedangkan untuk tim putra, SMKN 1 Panji juara I, SMAN 1 Situbondo juara II dan SMAN 2 Situbondo juara III. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022