PT Perkebunan Nusantara XII membagikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk keselamatan para penambang belerang di kawah Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Penyaluran bantuan APD untuk para penambang belerang itu dilakukan di puncak Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso yang dihadiri sebanyak 150 orang penambang belerang dan bantuan diserahkan langsung Manajer PTPN XII Kebun Blawan, Tatang Setiawan.

"Pemberian sepatu bot dan masker gas itu merupakan salah satu bentuk dukungan dari PTPN XII kepada penambang belerang yang setiap hari harus berjuang menambang belerang dengan alat seadanya," kata Manajer PTPN XII Kebun Blawan, Tatang Setiawan dalam siaran pers yang diterima di Jember, Jumat.

Sementara itu, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII Winarto mengatakan bahwa penyaluran bantuan APD untuk penambang belerang Gunung Ijen tersebut merupakan program kerja perusahaan yang sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN RI nomor PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

"Kami melihat penambang belerang sebagai pahlawan keluarga harus melakukan pekerjaan yang berbahaya setiap harinya, namun kurang didukung dengan kelengkapan APD yang layak," tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, sebagai bentuk kepedulian dan wujud nyata BUMN untuk Indonesia, PTPN XII sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara turut serta memberikan dukungan berupa bantuan alat pelindung diri yang memadai untuk para penambang belerang yang harapannya semoga dapat menambah kenyamanan dan keselamatan dalam bekerja.

Koordinator Penambang Belerang Kawasan Gunung Ijen, Ahmad Aripin menyampaikan terima kasih kepada PTPN XII atas bantuan sepatu bot dan masker gas yang telah diberikan.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022