Desainer Wignyo Rahadi mengapresiasi tenun ikat Kediri, yang bahkan hasil rancangannya dari bahan tenun ikat setempat dikenakan oleh Presiden Joko Widodo dan jajaran kabinetnya dalam Trade Expo Indonesia.

Dia mengatakan, saat itu mendapatkan pesanan baju dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, baju juga akan dipakai oleh beberapa menteri, duta besar, dan tamu kehormatan lainnya untuk acara Trade Expo Indonesia tersebut.

"Sebagai desainernya saya menentukan bahan kain apa yang akan digunakan. Setelah banyaknya pilihan saya tertarik dengan tenun ikat Kediri," katanya di Kediri, Minggu.

Ia menambahkan, pilihan tenun ikat Kediri sebagai baju mendapatkan sambutan positif dari Presiden Joko Widodo.

"Alhamdulillah beliau suka. Bahkan saat acara sudah selesai dan beliau menemui mantan Menteri Pertahanan Amerika masih menggunakan Tenun Ikat Kediri. Sungguh capaian terbesar bagi saya," kata dia.

Ia juga memberikan masukan kepada pembuat tenun ikat Kediri saat membuat kain pesanan misalnya agar motif sama, warga tidak luntur, kain tidak menyusut.

"Pada saat itu saya juga bimbing dulu. Saya diminta membuat 130 baju dan saya tanya sanggup atau tidak, ternyata sanggup. Saat itu banyak warga asing dan Ini (dipakai Presiden Jokowi) juga promosi bagus," kata dia.

Dirinya juga menambahkan, perkembangan serta peminat tenun di Indonesia sangat baik. Bahkan, komitmen pemerintah untuk mengangkat wastra budaya juga semakin mendukung bangkitnya budaya Indonesia, termasuk semakin banyaknya komunitas budaya.

Ia pun berharap, para perajin tetap mempertahankan kualitas kainnya sehingga semakin hari menjadi semakin bagus lagi.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar juga bangga tenun ikat Kediri telah banyak dikenakan oleh tokoh-tokoh terkenal. Menurutnya hal tersebut memberikan dampak positif karena tenun ikat kediri semakin dikenal dan pesanan tenun ikat Kediri pun semakin meningkat.

Pemerintah Kota Kediri, kata dia, bersama Dekranasda Kota Kediri memiliki komitmen kuat untuk mengenalkan kain khas Kota Kediri tersebut. Salah satunya melalui Dhoho Street Fashion yang menggandeng desainer-desainer kenamaan Indonesia.

"Alhamdulillah semakin banyak tokoh-tokoh terkenal melirik tenun ikat Kediri yang kami punya. Bahkan kemarin aktor Korea pun juga menggunakan tenun ikat Kediri. Saya senang semakin dikenal bahkan pesanan pun sekarang meningkat," kata Wali Kota.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022