Tim sepak bola dari SMA Negeri 1 Situbondo menjuarai liga pelajar Piala Bupati III tahun 2022 setelah berhasil mengalahkan tim dari SMA Negeri 2 pada babak final dengan skor 2 - 0.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengapresiasi kejuaraan sepak bola antarpelajar SMP/SMA se-Kabupaten Situbondo itu, sebagai upaya mencari bibit-bibit atlet sepak bola.

"Tentunya saya sangat mengapresiasi liga pelajar ini. Ke depan saya harap kejuaraan antarpelajar digelar secara rutin untuk mencari bibit altet," kata Bung Karna, sapaan bupati, usai menyerahkan piala bergilir di Stadion Muhammad Saleh Situbondo, Senin.

Bupati menilai liga pelajar yang gelar oleh penggiat olahraga yang didukung oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten setempat sukses.

"Oleh karena itu, kejuaraan sepak bola antarpelajar yang sukses ini, bisa ditindak lanjuti di tahun-tahun mendatang sehingga Situbondo memiliki bibit atlet yang benar-benar berprestasi," ujar dia.

Bung Karna menambahkan, KONI Situbondo juga diharapkan terus bersinergi dengan persatuan sepak bola setempat dan mendukung kegiatan keolahragaan.

"KONI diharapkan mendukung kegiatan semacam ini, dengan bersinergi sebaik-bainya," kata dia.
Ketua KONI Situbondo Deny Wahyu Pribadi menyerahkan piala kepada tim sepak bola SMP liga pelajar Bupati Cup III di Stadion Muhammad Saleh. Senin (21/11/2022) (ANTARA/Novi Husdinariyanto)


Sementara itu, Ketua KONI Situbondo Debny Wahtu Pribadi menyatakan akan terus mendukung kejuaraan sepak bola ini. Karena dengan liga pelajar tersebut akan muncul bibit-bibit atlet.

"KONI mendukung segala bentuk agenda seperti yang dilakukan oleh penggiat olahraga sepak bola di Situbondo. Pertandingan antarpelajar menengah pertama dan menengah atas ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi atlet sepak bola untuk semakin mengasah kemampuannya," kata dia.

Ketua Panitia Bupati Cup III, Rachman FK mengaku liga pelajar paial bupati kembali digelar setelah dua tahun vakum karena pandemi COVID-19.

"Turnamen ini digelar tiap tahun, dan kali ini merupakan tahun ketiga, setelah dua tahun vakum karena pandemi. Melalui pertandingan antarpelajar akan lahir bibit-bibit atlet sepak bola yang mampu mengukur prestasi di berbagai kejuaraan," ujar dia.

Menurut Rachman, tim sepak bola ini memang dipersiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan, mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

"Pertandingan sepak bola pelajar diikuti oleh 29 tim yang terdiri dari 16 tim dari SMP/MTS dan 13 tim dari SMA/SMK, dan dimulai bertanding sejak 26 Agustus hingga 21 November 2022," kata dia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022