PT. Surya Lautan Gemilang (Sultan Gemilang) bekerja sama dengan PT. Sejahtera Bersama Kalingga mengedukasi para nelayan yang tergabung dalam RN Karangagung terkait sarana penangkapan ikan dengan metode purse sein, yakni teknologi lampu ramah lingkungan berbasis LED.

Direktur PT. Sejahtera Bersama Kalingga Noviana Suprajitno melalui siaran persnya di Surabaya, Senin, mengatakan pihaknya menyosialisasikan produk lampu LED secara luas kepada para nelayan yang berada dalam wilayah TPI Karang Agung.

"Produk lampu LED tersebut mempunyai beberapa keunggulan yaitu dengan input rendah, namun output-nya 2,5 kali lebih terang dengan daya pancar sinar 80 ribu lumens," ujarnya.

Sosialisasi dilakukan bersamaan dengan Festival Nelayan di Karangagung, Kecamatan Palang, Kabaputen Tuban, pada 3-5 November 2022.

Menurut Noviana, lampu tersebut lebih hemat dibanding teknologi fish light sebelumnya, sedangkan ketahanannya bisa digunakan hingga 50 ribu jam, dan kemasannya memungkinkan untuk digunakan dalam segala cuaca.

"Produk kami telah dipakai oleh nelayan-nelayan di Pati, Juwana, Bagansiapi api, Tanjung Balai dan Jakarta serta produk ini menjadi andalan dari perusahaan kami," ucapnya.

Sebagai bentuk apresiasi, kata dia, para nelayan yang hadir disediakan voucher diskon untuk pembelian di lokasi saat acara demo dan promo produk berlangsung.

"Diharapkan produk lampu LED yang ditawarkan ini dan telah terbukti keunggulannya bisa meningkatkan jumlah tangkapan ikan serta menjadi sarana peningkatan kesejahteraan para nelayan, khususnya Karang Agung, Palang Tuban," katanya.

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki yang akrab disapa Mas Rendra membuka Festival Nelayan tahun 2022 ini dengan menaikkan bendera kirab perahu sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut didampingi Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) serta dinas terkait.

Kegiatan sedekah laut tahunan ini diisi dengan acara santunan anak yatim dan fakir miskin, pengajian, shalawat akbar serta tayuban.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022