Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 menjadi momentum mengingat kembali perjuangan para pemuda dalam meraih kemerdekaan.

Hal ini disampaikan saat Bupati Ipuk menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang digelar di halaman Kantor Pemkab Banyuwangi, Jumat.

Upacara juga dihadiri Wakil Bupati Sugirah, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, perwakilan forum pimpinan daerah, segenap jajaran pemda, serta  perwakilan mahasiswa, pelajar, dan ASN mengenakan pakaian adat Suku Osing Banyuwangi.

"Melalui peringatan ini, sejarah tentang bagaimana para pemuda ingin menyatukan Indonesia ini bisa kita jadikan teladan dalam konteks kekinian," kata Bupati Ipuk.

Dalam kesempatan itu, Ipuk mengajak agar para pemuda terus mengembangkan potensinya, karena persaingan dunia kerja ke depan sangat kompetitif.

"Pemuda harus meningkatkan kompetensi. Terus kembangkan kreativitas dan inovasi, jalin kolaborasi, dan perluas komunikasi," ucap dia.

Upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini berlangsung semarak dengan penampilan grup paduan suara dari SMAN I Banyuwangi, yang mengenakan pakaian adat berbagai daerah.

Usai upacara, Bupati Ipuk dan Forkopimda turut bernyanyi bersama mereka dengan membawakan lagu Bangun Pemuda Pemudi.

Selain di Kantor Bupati Banyuwangi, Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Banyuwangi juga digelar di berbagai titik, termasuk di sejumlah sekolah yang para siswanya mengenakan baju adat Nusantara.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022