Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat menggelar lomba karya jurnalistik, videografi, fotografi dan TikTok dengan total hadiah Rp154 juta.

Lomba ini mengambil tema Eksplor Wisata Labuhan Merak. Ada sejumlah destinasi wisata pantai yang menjadi objek lomba di kawasan Taman Nasional Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

"Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk promosi wisata, yang diinisiasi Pak Bupati," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro di Situbondo, Rabu.

Sementara itu, pegiat wisata Situbondo, Eko Kintoko mengapresiasi lomba yang dilaksanakan oleh Pemkab Situbondo dan PWI.

Menurut Eko, sejak diumumkan lomba eksplor wisata Labuhan Merak itu sudah ada seratusan fotografer, jurnalis, dan masyarakat umum yang berkunjung.

Terhitung hingga 20 Oktober 2022 sudah puluhan orang yang dipandu menyusuri laut dari Karangtekok sampai ke Pantai Batu Hitam. Bahkan, pengunjung sekaligus peserta lomba bermalam di wisata bahari yang masih alami itu.

"Yang saya pandu ke wisata Labuhan Merak, mereka rata-rata fotografer dan jurnalis dari Jakarta, Surabaya, dan Pasuruan," kata Eko yang juga pemandu wisata itu.

Dia mengatakan, lomba ini menyedot minat para sinematografer, fotografer, jurnalis, maupun kalangan remaja untuk mengikuti lomba dengan hadiah yang sangat pantas.

Selain itu, lanjut dia, tema lomba dengan eksplor wisata di Labuhan Merak itu punya tantangan yang identik dengan petualangan. Karena bagi peserta juga menjadi penasaran dengan Labuhan Merak.

"Ternyata memang ada beberapa destinasi wisata tersembunyi dan membuat mereka takjub," tutur Eko.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022