Rukun Nelayan Pangkahwetan menyelenggarakan Festival Nelayan Gresik 2022 di muara Sungai Bengawan Solo, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Kamis.

Berbagai kegiatan digelar untuk meramaikan festival nelayan tersebut, antara lain bazar UMKM, stan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, stand pendaftaran untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dan Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDPK), serta lomba dayung tradisional.

"Lomba ini diikuti 21 tim dari seluruh Rukun Nelayan se-Gresik," ujar ketua pelaksana lomba dayung tradisional, Khusnul Arifin di Gresik.

Festival nelayan ini diselenggarakan sejak tahun 2017 sempat berhenti pada 2019 hingga 2021 akibat pandemi COVID-19.

"Sempat berhenti gara-gara pandemi kemarin, tapi Alhamdulillah tahun ini diselenggarakan lagi," tambahnya.
Sejumlah warga melihat lomba dayung tradisional saat diselenggarakannya Festival Nelayan Gresik 2022 di Kecamatan Ujungpangkah, Desa Pangkahwetan, Kabupaten Gresik, Kamis (13/10/2022). (ANTARA Jatim/Rizal Hanafi)


Selain itu, penyelenggaraan festival ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi para nelayan di Kabupaten Gresik.

"Biar guyub rukun, udah lama tidak ada hiburan untuk para nelayan seperti acara ini dan semoga pihak-pihak terkait dapat melihat kondisi kami di sini," katanya.

Dijadwalkan, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa akan hadir dalam Festival Nelayan Gresik 2022 didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani beserta Bupati Trenggalek yang juga Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Provinsi Jatim Mochamad Nur Arifin.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022