Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 dengan beragam kegiatan, seperti bakti sosial serta pentas seni, dengan melibatkan semua elemen masyarakat dan lembaga keagamaan di wilayah itu.

"Selain dalam rangka untuk mengingat perjuangan para santri dalam ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. HSN 2022 ini juga sebagai bentuk implementasi dari edaran Kemenag RI tentang Panduan Pelaksanaan Hari Santri Nasional 2022," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Jumat.

Peringatan HSN 2022 tersebar di masing-masing institusi dan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumenep secara berjenjang dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga di tingkat desa.

"Kami juga menggandeng organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama dalam memeriahkan HSN 2022," ucapnya.

Tahapan menyambut HSN 2022 di Sumenep dilakukan sejak Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 13 Tahun 2022 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2022.

Surat ditujukan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Polri, Jaksa Agung, gubernur, bupati/wali kota, pimpinan ormas Islam, pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam, serta pejabat eselon I, Kakanwil Kemenag Provinsi, dan pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Salah satu isinya tentang mengatur soal upacara bendera peringatan Hari Santri, yakni dilaksanakan secara serentak pada 22 Oktober 2022, mulai pukul 08.00 WIB.

Selain upacara bendera diatur pula mengenai panduan lain yakni kegiatan peringatan Hari Santri 2022 dapat berupa zikir, selawat, munajat, doa, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang relevan.

Kemudian, seluruh pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Santri 2022 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.

"Yang jelas, semua kegiatan yang kita lakukan adalah berorientasi pada tema umum yang ditetapkan, yakni, 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan'," kata Bupati Fauzi.

Kegiatan bakti sosial sebagai rangkaian dari kegiatan memperingati HSN 2022 digelar oleh masing-masing organisasi perangkat daerah, termasuk instansi vertikal yang ada di kabupaten setempat.

Sedangkan pentas seni, oleh masing-masing institusi dan lembaga keagamaan yang bekerja sama dengan Dewan Kesenian Sumenep.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022