Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerukan masyarakat bersedekah oksigen melalui gerakan tandur atau menanam. 

"Gerakan ini bisa dimulai sejak dini dengan menanam dan memelihara pohon mulai usia sekolah," katanya saat membuka "Jatim Environment Exhibition and Forum 2022" sebagai puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup di Surabaya, Senin. 

Gubernur Khofifah mengungkapkan sebagai makhluk dan penduduk bumi, terdapat tugas penting untuk menyembuhkan dan menyelamatkan bumi melalui berbagai cara bahkan mulai dari yang terkecil dan sederhana.

"Tugas kita hari ini harus memulihkan bumi dan dunia. Kapanpun di manapun harus segera dimulai dengan tindakan sekecil apapun. Tidak boleh menunggu. Apa yang bisa kita lakukan untuk pemulihan bumi harus segera dilakukan," tuturnya.

Terkait pencegahan kehilangan keanekaragaman hayati, orang nomor satu di Pemprov Jartim tersebut mengingatkan agar terus dilakukan perlindungan wildlife dan habitatnya melalui konservasi kawasan serta perlindungan keanekaragaman hayati.

"Kebijakan dan langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara permanen diupayakan melalui monitoring hotspot dan patroli aparat bersama masyarakat," ucapnya. 

Melalui dukungan dan sinergi semua pihak, Khofifah yakin upaya membangun ketahanan iklim yang dilakukan dengan restorasi, pengelolaan dan rehabilitasi hutan dan lahan, serta pengendalian deforestasi akan mampu menjaga bumi untuk generasi ke depan. 

"Kita harus bisa menjaga bumi, alam dan mendukung pelestarian lingkungan," tutur Khofifah yang juga Ketua PBNU tersebut.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022