Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftachul Akhyar memberikan wejangan sekaligus motivasi kepada ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, Senin.

Kiai Akhyar, sapaan akrabnya, memberikan nasihat kepada para ASN pemkot terkait keadilan dan kejujuran (kearifan) yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, terlebih Surabaya adalah Kota Pahlawan.

"Hal ini seharusnya juga dapat menjadi pemicu, bagaimana jiwa kepahlawanan ini kita buktikan dalam melayani masyarakat. Perilaku-perilaku kepahlawanan itu bagaimana ditunjukkan kepada masyarakat," kata dia.

Pada kesempatan sama, kiai kharismatik asal Kota Surabaya itu juga memberikan nasihat yang diambil dari Kitab Tibrul Masbuk fi Nashihatil Muluk, karya Imam al-Ghazali.

KH Miftachul Akhyar juga mengapresiasi Wali Kota Eri Cahyadi karena selain fokus dalam pembangunan sistem birokrasi, kepedulian terhadap mental spiritual ASN juga tak luput dari perhatian.

"Saya bangga menjadi warga Surabaya. Saya juga bangga punya wali kota Eri Cahyadi karena punya perhatian," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pembinaan mental spiritual kepada ASN bertujuan menguatkan hati mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebab, kata dia, bagaimanapun kondisinya di lapangan, seorang ASN harus sabar dan ikhlas

"Karena itu nanti akan ada kegiatan rutin pembinaan spiritual yang Insya Allah akan diisi oleh KH Miftakhul Akhyar," tutur Eri.

Dengan adanya pembinaan mental spiritual kepada para ASN, Eri Cahyadi berharap dapat menggugah semangat keberanian, terutama ketika akan mengambil keputusan yang dapat bermanfaat bagi warga Surabaya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022