Upacara peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jatim pada Rabu (17/08) berlangsung khidmat.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Di tenda VVIP terlihat para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI),  Forkopimda dan para pejabat di pemkot Batu yang mengenakan busana adat daerah.

Usai upacara, Dewanti mengajak semua pihak agar dapat memaknai tema peringatan HUT kemerdekaan kali ini yaitu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Pihaknya berharap agar pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir nantinya bisa menjadi endemi. Sehingga, kesehatan dan ekonomi masyarakat pun segera pulih serta bangkit dari berbagai keterpurukan. 

Jika kesehatan masyarakat membaik, terang perempuan berhijab itu, maka akan menggerakkan sektor usaha, khususnya para pelaku UMKM.

Pasalnya, hingga saat ini sektor UMKM masih menjadi pengungkit dan penyanggah kuat ekonomi nasional, termasuk di kota Batu.
Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko menyerahkan bendera Merah Putih kepada paskibraka dalam upacara HUT RI ke 77 tahun di halaman Balaikota Among Tani (ANTARA/HO-Humas Kota Batu/asa)
Guna merealisasikan hal itu, Pemkot Batu akan selalu dan terus memberi pendampingan maupun stimulus bagi sektor usaha masyarakat tersebut. Terkait hal ini, berbagai kebijakan yang berpihak bagi sektor usaha masyarakat akan dikuatkan, sehingga pada akhirnya para pelaku UMKM ini bisa naik kelas dan mampu bersaing di pasar global.

"Kami mempunyai satu pemikiran bahwa apa yang bisa kita lakukan ketika kita pulih lebih cepat, yaitu kita menjaga kesehatan kita, kita kemudian berinovasi untuk secara ekonomi.  Terus kemudian bangkit lebih kuat, yaitu ketika sudah berusaha kemudian kita sukses, maka kita harus lebih baik dari yang kemarin," urai perempuan yang kerap disapa Bu De itu.
Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko foto bersama jajaran Forkopimda dan LVRI usai upacara HUT RI ke 77 tahun di halaman Balaikota Among Tani (ANTARA/HO-Humas Kota Batu/asa)
Lebih lanjut dia mengatakan, karena persaingan saat ini sangat kompetitif, dimana kemudian semua daerah berlomba-lomba untuk menaikkan pariwisata dan memberikan yang terbaik bagi pelaku UMKM. "Beberapa hal itu yang harus di jaga dan kita tingkatkan," sambung Dewanti.

Yang tak kalah penting, Bu De juga mengajak jajarannya agar bangkit. Seperti halnya dengan memberi pelayanan yang lebih baik lagi masyarakat, mengedepankan transparansi dan meningkatkan loyalitas.

"Pada dasarnya para ASN ini adalah pelayan bagi semua lapisan masyarakat," pungkas Dewanti. (Adv)

Pewarta: Achmad Syaiful Affandi

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022