Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kota Surabaya menyatakan lomba perahu layar yang akan berlangsung di Pantai Kenjeran, Sabtu (13/8), bakal menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Kamis, mengatakan lomba perahu layar memperingati HUT ke-77 RI ini menjadi bagian dari upaya Pemkot Surabaya dalam memantik daya tarik wisata.

"Itu menjadi salah satu bagian yang kami jual sebagai daya tarik wisata," kata dia.

Wiwiek mengatakan lomba perahu layar tersebut terdiri dari berbagai kategori, yakni ada kecepatan perahu menuju finis hingga kemampuan membuat penampilan dari sisi seni hias perahu.

Selain itu, kata dia, yang menarik, para peserta lomba perahu layar masih menggunakan jenis perahu-perahu tradisional. Para peserta ini akan menghias perahu dengan berbagai aksesoris menarik dan unik dengan dominan warna merah putih.

Menurut rencana, lomba perahu layar Piala Wali Kota Surabaya ini bakal diikuti sekitar 50 peserta dari nelayan sekitar.

"Lomba perahu layar ini diikuti para nelayan. Kurang lebih ada sekitar 50 perahu yang akan bergabung," kata Wiwiek.

Selain perahu layar, Wiwiek menyebut, di waktu dan tempat yang sama, Pemkot Surabaya juga mengadakan sejumlah lomba lain, seperti lomba estafet tradisional, gobak sodor putri, gebuk bantal, tarik tambang, dan panjat pinang.

"Lokasinya juga di THP Kenjeran, ada lomba gebuk bantal, panjat pinang dan sebagainya. Lomba ini diikuti antar PD di lingkungan pemkot," kata dia.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022