Pemerintah Kota Batu menyatakan bahwa pembangunan Pasar Besar Kota Batu, di Jawa Timur diharapkan mulai rampung pada awal 2023 agar bisa segera ditempati oleh ribuan pedagang yang ada di wilayah tersebut.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Batu, Kamis, mengatakan bahwa pada awal 2023, Pasar Besar Kota Batu diharapkan sudah bisa mulai ditempati oleh para pedagang yang telah melaksanakan pengundian.

"Kalau bisa, pada awal 2023 sudah bisa ditempati. Harus sudah ada pengundian dalam waktu dekat, dengan begitu pada pedagang bisa langsung pindah saat pasar sudah jadi," kata Dewanti.

Dewanti menjelaskan, dengan ditargetkan pada awal 2023 pasar tersebut sudah bisa ditempati para pedagang untuk berjualan, maka diperkirakan akhir Desember 2022, pembangunan pasar tersebut sudah masuk pada tahapan finalisasi atau proses pembangunan akhir.

Menurutnya, pada saat melakukan peninjauan pembangunan Pasar Besar Kota Batu tersebut ia bersama jajaran berharap mendapatkan gambaran dan masukan dari sejumlah ahli. Peninjauan itu dilakukan agar proses pembangunan bisa berjalan lancar meski ada sejumlah perbaikan.

"Ada beberapa hal yang perlu kami beri masukan agar pedagang bisa berjualan dengan nyaman dengan pasar baru, tapi juga berdagang dengan laris. Semua dapat rejeki secara adil dan merata," katanya.

Pasar Besar Kota Batu mulai dibangun pada Februari 2022 dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2023. Saat ini, proses pembangunan sudah berjalan selama kurang lebih 220 hari dari 509 hari kontrak kerja.

Pasar Besar Kota Batu dibangun di atas lahan seluas 39.548 meter persegi dengan total luas bangunan 35.077 meter persegi. Pasar tersebut dibangun tiga lantai dengan pembagian lantai satu sebagai zona basah, lantai dua zona kering dan lantai tiga merupakan zona makanan dan kuliner.

Jumlah kios yang dibangun di Pasar Besar Kota Batu mencapai 1.733 unit dan lapak los sebanyak 1.033 unit. Pembangunan Pasar Besar Kota Batu tersebut dilaksanakan oleh PT Sasmito dengan anggaran mencapai Rp152,721 miliar.

Pembangunan Pasar Besar Kota Batu tersebut, diharapkan dapat menampung 3.306 pedagang dari pasar lama ditambah dengan pedagang yang sebelumnya berjualan di luar area pasar. Sebelumnya, pada pasar yang lama hanya mampu menampung 2.210 pedagang.

Kemudian, pada pasar yang baru dan mengusung konsep bangunan hijau tersebut diharapkan mampu meningkatkan omzet para pedagang hingga lima persen sesuai dengan target pertumbuhan ekonomi nasional.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022