Sebanyak 2.755 orang mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2022 mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa Indra Iswanto di Surabaya, Senin, mengatakan mahasiswa peserta KKN tersebut terlindungi dua program yakni jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja.
 
"Kami berharap tidak terjadi apa-apa dengan para mahasiswa selama KKN. Namun demikian, mereka tetap membutuhkan perlindungan sehingga merasa nyaman dan sukses melaksanakan tugas KKN," katanya di sela pelepasan mahasiswa KKN BBM periode 66 Unair di Kampus C Unair.
 
Ia menyampaikan apresiasinya kepada Unair atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk seluruh mahasiswanya yang sedang melaksanakan tugas KKN tersebut.
 
Pihaknya juga mengimbau perguruan tinggi lain untuk mengikuti jejak Unair dengan mendaftarkan mahasiswa yang melaksanakan tugas KKN menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
"Kami sudah mensosialisasikan itu ke kampus-kampus lain. Harapan kami, apa yang dilakukan Unair ini bisa menjadi contoh, penggerak bagi perguruan tinggi lain, sehingga mahasiswa yang tugas KKN merasa nyaman," katanya.
 
Ia menambahkan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja ini juga menunjang kesuksesan mahasiswa yang sedang melakukan KKN. Karena, dengan adanya perlindungan mereka bisa magang kerja dengan tenang dan semangat, yang tentu dapat menambah nilai mereka.
 
"Program BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya melindungi risiko kerja tapi juga menunjang kesuksesan mahasiswa melaksanakan tugas akademis," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022