Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Timur, memuji dan mengapresiasi arena pertandingan petanque Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022 di Alun-Alun Kabupaten Situbondo.

Ketua Harian Pengprov FOPI Jatim Nurkholis mengatakan arena pertandingan petanque yang disediakan Kabupaten Situbondo sangat representatif sebagai cabang olahraga yang masih terhitung baru.

"Secara keseluruhan, kali ini lebih bagus dibandingkan pertandingan petanque perdana pada ajang Porprov VI di Bojonegoro. Dari sisi fasilitas, sarana prasarana, luar biasa," katanya di Situbondo, Sabtu.
Arena pertandingan (venue) petanque di Alun-Alun Situbondo. Sabtu (2/7/2022) (ANTARA/Novi H)


Menurut Nurkholis, kendati FOPI Situbondo baru berdiri, namun dalam menyediakan arena pertandingan sudah sempurna, mulai dari sarana prasarana hingga keterlibatan atlet yang melebihi target.

Bahkan, arena pertandingan petanque di Situbondo merupakan yang terbaik di Jawa Timur. Kesiapan lapangan sudah sangat bagus dan berstandar nasional.

"Selain itu, venue petanque di Alun-Alun Situbondo ini nyaman dan tidak bising, meskipun berada di tengah kota. Karena dalam bermain petanque, butuh ketenangan karena harus konsentrasi penuh. Teman-teman di Situbondo sangat luar biasa menyiapkan segala sesuatunya," tuturnya.

Nurkholis menambahkan atlet yang ikut pada Porprov VII Jatim berjumlah 365 atlet, berasal dari 32 kabupaten/kota di Jawa Timur. Pada pertandingan petanque perdana hanya diikuti oleh 19 kabupaten/kota.
 
Atlet petanque nomor triple mix asal Situbondo raih perak ajang Porprov VII Jatim 2022 yang digelar di Alun-Alun Situbondo. Sabtu (2/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Mengenai prestasi cabang olahraga petanque merata di semua daerah. Hampir semua kabupaten/kota yang mengikuti pertandingan porprov kali ini, dapat medali.

"Semula kami menduga petanque akan dikuasai atau dimonopoli oleh daerah tertentu, ini meleset. Karena terbukti dari 32 kabupaten/kota hanya ada tujuh kabupaten/kota yang tidak dapat medali," katanya.

Nurkholis mengapresiasi Pengurus FOPI Kabupaten Situbondo karena bisa mengantarkan atletnya meraih emas di nomor individu putri dan perak pada nomor triple mix.

"Padahal cabang olahraga petanque di Situbondo belum setahun berdiri. Pembinaannya sudah sangat bagus dan bisa menorehkan prestasi," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022