Pemkab Situbondo, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk operasional, persiapan dan pembinaan atlet hingga pelaksanaan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) VII jatim 2022.

Alokasi anggaran ini lebih hemat 50 persen dibandingkan anggaran pada Porprov VI Jatim 2019 yang mencapai sekitar Rp3 miliar. Padahal, Kabupaten Situbondo kala itu hanya sebagai peserta porprov.

Kali ini Kabupaten Situbondo, menjadi salah satu tuan rumah pada Porprov VII Jatim 2022, selain Bondowoso, Jember, dan Lumajang.

Selain selisih penyerapan anggaran, jumlah atlet yang ikut berlaga juga melampaui porprov pada 2019 lalu. Pada porprov kali ini KONI Situbondo menerjunkan sebanyak 202 atlet yang bertanding di 26 cabang olahraga, sedangkan porprov 2019 menerjunkan sekitar 90 atlet di beberapa cabang olahraga.

"Alhamdulillah, sebagai tuan rumah, kami sudah berusaha maksimal, termasuk pembinaan atlet. Perolehan sejumlah medali emas, perak, dan perunggu," ujar Ketua Umum KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi di Situbondo, Sabtu.

Hingga 2 Juli 2022, medali yang berhasil diraih kontingen Kabupaten Situbondo, sebanyak 5 medali emas, 3 perak dan 15 perunggu. Sedangkan medali yang berhasil dibawa pulang pada Porprov VI Jatim 2019, yaitu 4 emas, 1 perak, dan 9 perunggu.

"Besok masih akan ada pertandingan selam atau orientasi bawah air (OBA). Ada dua orang atlet Situbondo yang ikut bertanding pada nomor OWF 6.000 meter. Semoga bisa menambah medali," kata Deny.

Penyelenggaraan Porprov VII Jatim di Kabupaten Situbondo berlangsung sejak 25 Juni 2022,  dan pertandingan di sembilan venue di Situbondo berlangsung lancar, aman, dan kondusif.

"Semua pertandingan yang berlangsung di Situbondo, alhamdulillah aman dan berjalan lancar. Sehingga sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi bisa terwujud di Kota Santri ini," tuturnya.

Adapun sembilan arena pertandingan di Situbondo, yakni Jasalindo/Pasir Putih Water Sport yang merupakan arena tiga cabang olahraga, yaitu renang di perairan terbuka, voli pantai, dan panjat tebing. Sedangkan di Wisata bahari Pasir Putih, menjadi arena pertandingan selam atau OBA, dan di wisata Beach Forest menjadi arena pertandingan hoki pasir.

Di Auditorium SMPN 1 Situbondo merupakan arena pertandingan cabang olahraga binaraga, angkat besi, dan angkat berat. Gedung PGRI dijadikan venue cabang olahraga anggar. Gedung Situbondo Sport Center, ditempati cabang olahraga hoki indoor, dan di Stadion Muhammad Saleh, hoki outdoor.

Sementara di Alun-Alun Situbondo, menjadi arena pertandingan cabang olahrga petanque, cabang olahraga baru, karena masih dua kali dipertandingkan pada ajang Porprov VI dan VII Jatim. Di Gedung Olahraga (GOR) Baluran Situbondo menjadi arena pertandingan cabang olahraga judo.

Pada Minggu, 3 Juli 2022 akan berlangsung acara penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim di Stadion Kabupaten Lumajang.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022