Taiwan kembali menggenjot perdagangannya di wilayah Jatim, sebagai daerah yang memiliki potensi tinggi penyerapan produk-produk asal negara itu dengan menggelar Taiwan Excellence Week 2022 di Atrium Tunjungan Plaza 6 Lantai 2, Surabaya.

Director General TETO Surabaya, Benson Lin, di Surabaya, Kamis, mengatakan pameran Taiwan Excellence Week 2022 yang digelar hari ini hingga 3 Juli 2022 itu adalah acara pertama kali yang digelar setelah pandemi COVID-19 mereda, dan diharapkan mampu membangkitkan perdagangan serta ekonomi Taiwan dengan Jatim.

Acara diikuti beberapa perusahaan ternama dari Taiwan dengan memperkenalkan berbagai produk teknologi unggulan, antara lain Tokuyo Biotech Co., Ltd., Rice Ear Ltd., Lobsang Co., Ltd., dan Victor Rackets Ind. Corp.

"Persahabatan Taiwan dengan Indonesia terjalin sejak lama khususnya di bidang perdagangan ekonomi Indonesia dan Taiwan, dan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan perdagangan," katanya.

Ia mencatat pada tahun 2021 volume perdagangan Indonesia dan Taiwan mencapai 10 miliar dolar AS, hal ini menandakan betapa eratnya hubungan perdagangan antara keduanya.

Benson Lin menambahkan, selain itu Indonesia dan khususnya Jatim menduduki peringkat ke-14 rekan dan mitra perdagangan Taiwan.

"Indonesia merupakan negara yang sangat besar dan masyarakatnya sangat ramah dan persaingan juga sangat ketat serta pesat, untuk itu Taiwan terus menerus mempromosikan peraturan yang mengarah ke selatan," katanya.

Sementara itu, Consultan Tokuyo Biotech Co. Vitela mengapresiasi digelarnya Taiwan Excellence Week 2022, karena membantu dalam mempromosikan produk Tokuyo asal Taiwan ke masyarakat Indonesia khususnya Surabaya.

"Tokuyo ini di bidang alat kesehatan dan mesin pijat serta treadmill dan sudah beroperasi selama 20 tahun. Masuk ke Indonesia baru 2 tahun ini dan sudah memiliki pasar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Ambon. Harapannya ke depan usai pameran ini bisa ekspansi ke daerah-daerah lainnya agar tahu produk Tokuyo," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022