Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII Tahun 2022 diambil langsung dari Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, oleh tim kirab api porprov pada Minggu, 19 Juni 2022, dan selanjutnya dikirab keliling di Kabupaten Bondowoso.

Pada Selasa, 21 Juni 2022, obor api porprov tersebut diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Situbondo, yang juga menjadi salah satu tuan rumah event olahraga dua tahunan ini.

"Kirab obor api tiap event olahraga mulai dari tingkat provinsi hingga internasional, menjadi simbol kobaran semangat, khususnya bagi para atlet yang akan bertanding," ujar Ketua Tim Kirab Api Panitia Besar Porprov Jatim Heru Subagio saat mengawal kirab obor api Porprov Jatim di Situbondo, Rabu.

Ia mengemukakan api Porprov Jatim berasal dari Kawah Ijen yang menjadi ikon dunia. Kawah Ijen ini terletak di antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

"Api yang diarak untuk porprov ini diambil dari Gunung Ijen, karena lokasinya berada di kawasan empat tuan rumah ajang porprov kali ini. Api itu simbol penyemangat yang berkobar untuk bertanding pada ajang porprov kali ini, dan di pertandingan lainnya," kata Heru.

Menurut Heru, untuk mengambil api di Kawah Ijen butuh tenaga ekstra, karena harus menempuh tiga kilometer menuju puncak. Butuh fisik dan mental yang kuat pula menyusuri jalan setapak dan menanjak.

"Mengambil api di Kawah Ijen itu sesuatu butuh stamina yang luar biasa," katanya.

Heru menambahkan api Porprov Jatim 2022 ini dikirab berkeliling di empat kabupaten yang menjadi tuan rumah, mulai Kabupaten Bondowoso, dilanjutkan ke Situbondo, selanjutnya ke Lumajang, dan berakhir di Kabupaten Jember, hingga 3 Juli 2022.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022