Jamaah calon haji asal Kabupaten Tuban yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter 1 Embarkasi Surabaya sudah masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Jumat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram mengatakan bahwa 450 orang calon haji dalam kloter 1 Embarkasi Surabaya dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Sabtu (4/6) pagi.

Ia menjelaskan bahwa koper jamaah calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci sudah tiba di asrama haji pada Kamis (2/6) malam dan ditempatkan di Gudang Hall Mina Asrama Haji Sukolilo.

Husnul Maram selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya mengatakan bahwa pemerintah sudah bersiap memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji.

"Secara teknis semuanya sudah siap. Kami PPIH dan PPIH Pembantu siap menyambut dengan baik," katanya.

Jamaah calon haji kloter 1 akan diterbangkan dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo menuju ke Bandara Madinah pada 4 Juni 2022 pukul 08.00 WIB menggunakan pesawat Saudi Arabia Airline (SAA) dengan nomor penerbangan SV-5141.

Tahun 2022 ini ada 16.967 orang calon haji yang dibagi dalam 38 kloter diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya.

Jamaah calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya berasal dari Jawa Timur (16.087 orang), Bali (318 orang), Nusa Tenggara Timur (291 orang), dan Palembang (119 orang). Selain itu, ada 152 petugas kloter yang mendampingi jamaah.

Jamaah calon haji kloter 1 diberangkatkan ke Arab Saudi pada 4 Juni dan kloter terakhir diberangkatkan ke Tanah Suci pada 2 Juli 2022.
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022