Seniman yang juga gitaris Doddy Hernanto atau yang akrab dipanggil Mr D meluncurkan QR Art dengan bentuk Elang Jawa untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

Menurut Mr D dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya, Rabu, Elang Jawa atau dalam bahasa asingnya Nisaetus bartelsi adalah satwa langka yang saat ini dilindungi undang-undang perlindungan hewan.

"Burung endemik Pulau Jawa ini sangat indentik dengan simbol negara Republik Indonesia, yakni burung Garuda, sehingga QR Art ini saya buat untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang berlambangkan burung Garuda," katanya.

Selain itu, pola pengembangan ini hasil penggabungan Quick Response Code (QR Code) dengan seni atau Art yang disebut juga QR Art bergambar Elang Jawa ini, sebagai kepedulian karena hampir punahnya burung tersebut.

"Keprihatinan saya tuangkan dalam bentuk QR Art. QR Art adalah penyempurnaan temuan Masahiro Hara yang tidak ada gambar atau image sedangkan QR Art bergambar punya karakter atau identitas dan lebih dinamis. Riset buktikan bahwa gambar diproses otak 60.000 kali lebih cepat dari pada teks," katanya.

Selain itu, QR Art Elang Jawa  dibuat untuk melihat jejak rekam digital monitoring perkembangan tentang elang jawa, bagaimana konservasinya, sejarah tentang elang jawa dan lain-lain.

Mr D yang pernah populer dengan gitaris satu jari dan memadukan gitar dengan gawai tersebut berharap, upayanya meluncurkan QR Art dengan bentuk Elang Jawa dapat memberikan pelajaran kepada generasi muda untuk belajar satwa dan konservasi lingkungan.

Sementara itu, karya QR Art Mr D ini dapat dilihat di akun Instagram (IG) https://instagram.com/sketsabergerak?r=nametag

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022