Dua kapal feri KMP Parama Kalyani dan KMP Tunu Pratama Jaya 5888 masih beroperasi melayani angkutan penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, ke Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat, pada arus balik Lebaran 2022.

Kementerian Perhubungan mengalihkan kendaraan truk logistik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Lembar melalui Pelabuhan Jangkar untuk mengurai kepadatan arus balik Lebaran di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Pada Sabtu (7/5), pelayaran perdana KMP Parama Kalyani tujuan Lembar mengangkut sekitar 250 orang penumpang, 32 kendaraan pribadi, delapan kendaraan truk sedang, dan 14 sepeda motor," ujar Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar,  Situbondo, Tri Cahyono di Situbondo, Senin.

Keesokan harinya, Minggu (8/5), KMP Tunu Pratama Jaya 5888 dari Lembar tiba di Pelabuhan Jangkar membawa 139 orang penumpang, 11 unit truk besar, 2 truk sedang, 24 unit kendaraan pribadi, dan 17 sepeda motor.

Pada hari itu pula KMP Tunu Pratama Jaya 5888 bertolak kembali dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar dengan mengangkut 14 orang penumpang, 2 truk besar, 1 unit bus penumpang, 1 truk sedang, 6 kendaraan pribadi, dan 1 unit pikap serta 6 unit sepeda motor.

"Pada Minggu (8/5) petang kemarin, KMP Parama Kalyani juga tiba di Pelabuhan Jangkar membawa 151 penumpang, 24 unit kendaraan pribadi (kecil), 16 unit truk sedang, 9 unit bus dan lainnya," tuturnya.

Ia menambahkan pada hari ini, Senin, KMP Parama Kalyani kembali bertolak dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar dengan membawa 109 orang penumpang, kendaraan pribadi 21 unit, kendaraan golongan V atau minibus penumpang 5 unit, dan sepeda motor 5 unit.

"Sesuai rencana pengalihan penyeberangan Jangkar-Lembar berlangsung hingga hari ini atau dimulai sejak tanggal 7 hingga 9 Mei 2022. Selanjutnya masih menunggu hasil rapat koordinasi," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022