Sejumlah pemilik perusahaan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menghibahkan sebagian lahan perusahaan untuk kepentingan pembangunan jalan frontage road.

"Total luas lahan yang dihibahkan ke Pemkab Sidoarjo seluas 11. 959 meter persegi," kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dalam keterangan pers, Sabtu.

Ia mengatakan terdapat enam perusahaan yang menghibahkan tanahnya ke Pemkab Sidoarjo masing-masing PT. Trias Sentosa Tbk hibahkan lahan seluas 1.190 meter persegi, PT. Jaya Land dengan luas 518,50 meter persegi, PT. Maspion Group total luas yang dihibahkan 5.620 meter persegi , PT. Japfa Comfeed Cabang Gedangan seluas 635,70 meter persegi, PT. Japfa Comfeed Cabang Sidoarjo total luas yang dihibahkan 3.144 meter persegi dan PT. Surya Pasific Jaya seluas 850,50 meter persegi.

Ia mengatakan saat ini progres pembangunan jalan frontage road sudah mencapai 6,3 kilometer dari panjang keseluruhan 9,4 kilometer.

"Pembangunan dilanjutkan lagi mulai Gedangan tembus sampai Buduran lingkar timur depan PT. Maspion II," ucapnya.

Bupati muda itu mengapresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menyerahkan lahan untuk dipakai kepentingan jalan umum. Menurutnya, konsep pembangunan kolaboratif akan terus dilakukan untuk mempercepat tercapainya pemerataan pembangunan infrastruktur, termasuk jalan frontage road.

Progres pembebasan 12 peta bidang sudah dalam tahap akan diumumkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo. Objek yang diumumkan seperti pemilik tanah, luas tanah dan objek tanah

Kepala BPN Sidoarjo Yannis Harryzon Dethan menyampaikan, dalam minggu ini BPN akan mengumumkan ke 12 peta bidang tersebut sebelum dilanjutkan ke tahap appraisal.

"Pengumuman terhitung selama 14 hari kalender," kata Yannis.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Dwi Eko Saptono menyampaikan, April ini sudah tahap lelang targetnya akhir Mei sudah ada pemenangnya.

"Untuk appraisal pembebasan 12 peta bidang kita targetkan sebelum ada pemenang lelang proses appraisal tuntas dulu," kata Dwi.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022