Komunitas masyarakat Situbondo, Jawa Timur, membagikan ribuan paket sembako pada bulan Ramadhan dengan menyasar masyarakat marginal, seperti pengemis, tukang becak, pengamen, dan pemulung, yang tinggal di wilayah perkotaan.

Koordinator Gerebek Sembako Ramadhan H. Azis Akbar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang dilakukan pada bulan Ramadhan untuk membantu masyarakat miskin, khususnya yang terpinggirkan.

"Gerebek sembako di bulan Ramadhan ini dilaksanakan karena ingin berbagi kebahagiaan di bulan puasa yang pahalanya akan berlipat-lipat," ujar Azis usai membagikan sembako kepada warga di Situbondo, Selasa.

Menurut ia, pembagian paket sembako dilakukan secara mobile, dimulai dari Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Basuki Rahmad, dan berbelok ke arah selatan di Jalan Madura menuju Jalan Pemuda hingga ke Alun-Alun Situbondo dan berakhir di Desa Alas Malang, Kecamatan Panarukan.

"Kami membagikan paket sembako langsung kepada warga yang bersangkutan. Jadi, tidak melalui pendataan terlebih dahulu, harapannya bantuan ini tepat sasaran karena diberikan kepada orangnya langsung," tuturnya.
 
Penyaluran paket sembako oleh komunitas masyarakat Situbondo, Selasa (12/4/2022). (ANTARA/Novi H)

Ia menambahkan kegiatan sosial membagikan paket sembako juga mendapat dukungan penuh dari Franky, owner Departemen Store Karunia Dharma Sentosa (KDS) Situbondo, termasuk ide membagikan paket sembako secara langsung kepada masyarakat kurang mampu.

"Franky itu berteman dengan saya sejak 1991. Kami sering berdiskusi tentang upaya membantu masyarakat miskin dan cara memberdayakan mereka," kata Azis.

Selama Ramadhan ini, tak hanya menggelar gerebek sembako yang dilakukan Azis dengan dukungan Franky, tapi juga kegiatan sosial lainnya, seperti pembagian sembako kepada ratusan anak yatim piatu dan keluarga kurang sejahtera di Situbondo.

"Saya dipercaya Franky untuk mengelola semua kegiatan sosial. Kalau untuk sumbangan ke yayasan yatim piatu, itu kegiatan rutin. Seperti juga hari ini, membagikan ratusan sembako kepada warga yang tinggal di sekitar KDS, sebagai bentuk tanggung jawab perusahaannya," katanya.

Dari pantauan, gerebek sembako Ramadhan berlangsung di sejumlah titik, mulai dari kawasan perkotaan hingga ke wilayah Kecamatan Panarukan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022