PT Jatim Graha Utama (JGU) menandatangani kerja sama komitmen perdagangan pada forum misi dagang di Provinsi Gorontalo dengan beberapa perusahaan setempat.

Melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Kamis, kerja sama bidang agro tersebut ditandai kesepakatan PT JGU dengan CV Indocipta Sejahtera (ICP).

“Masing-masing perusahaan bertukar komoditas untuk dipasarkan di wilayahnya,” ujar Direktur Utama PT JGU Mirza Muttaqien.

PT JGU, kata Mirza, memiliki potensi komoditas berupa telur, karkas ayam, dan bawang merah yang nantinya dikirim ke Gorontalo.

Sebaliknya, PT ICS mengirim ikan deho yang menjadi substitusi impor, khususnya saat ombak tinggi sekitar Desember dan Januari, sebagai bahan baku pindangan untuk dimasukkan ke PT Puspa Agro.

Nilai potensi untuk ikan tersebut mencapai 30 kontainer per bulan atau setara dengan Rp2,75 miliar.

Forum misi dagang tersebut dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah menegaskan pemerintah memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan industri di daerahnya.

”Forum ini memberi ruang bagi dua daerah untuk saling melengkapi,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Khofifah menjelaskan potensi masing-masing daerah berbeda sehingga pemerintah memiliki peran untuk menyambungkan antardaerah, antarprovinsi, maupun antarpulau

”Dengan begitu, masing-masing daerah bisa saling melengkapi,” kata mantan menteri sosial tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyambut positif kerja sama tersebut dan optimistis bakal menggenjot pertumbuhan ekonomi setempat.

“Nilai positif ini yang akan menggerakkan semua lini usaha lainnya,” tutur dia.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022