Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (23/3) menggelar Festival Mentari (menjaga mata air) sebagai upaya mengajak masyarakat untuk menjaga ratusan sumber mata air yang dimiliki kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Banyuwangi memiliki 348 sumber mata air, dan sumber mata air tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk Banyuwangi yang diperkirakan mencapai 257 juta liter air per hari.

"Keberadaan air tanah sangat  dibutuhkan. Tidak hanya bagi manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan. Maka merawat sumber mata air menjadi keharusan agar keberlangsungannya terus terjaga," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka Festival Mentari di Kawasan Hutan Bambu Dam Londo, Kecamatan Licin Banyuwangi.
 
Bupati Ipuk Fiestiandani menanam pohon di acara Festival Mentari di Dam Londo Kecamatan Licin, Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Komitmen merawat sumber mata air di Banyuwangi dilakukan melalui gerakan menanam pohon secara serentak di sekitar sumber-sumber mata air. Kali ini, sekitar 2.500 pohon buah ditanam di sumber mata air se-Banyuwangi. Seperti pohon alpukat dan jambu madu deli.

"Ini merupakan upaya menyelamatkan ekosistem alam dari hulu hingga hilir. Lewat festival ini kami mengajak masyarakat mulai merawat mata air. Mari mulai menanam pohon agar sumber-sumber mata air kembali bermunculan," kata Bupati Ipuk.

Kampanye tanam pohon tersebut juga dapat menambah pasokan oksigen dan mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

"Saya minta para camat dan kepala desa untuk terus mendorong warganya menggalakkan menanam pohon. Terutama mereka yang bermukim di sekitar sumber mata air, maupun yang dekat dengan lahan kritis, misalnya tepi-tepi sungai. Upayakan menanam pohon, selain dapat menjaga lingkungan, hasil buahnya juga bisa dikonsumsi oleh warga sekitar," tuturnya.
 
Bupati Ipuk Fiestiandani tebar benih ikan nila di acara Festival Mentari di Dam Londo Kecamatan Licin, Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi, Dwi Handayani mengatakan dipilihnya sumber mata air di Dam Londo Desa Tamansari, itu, karena sumber airnya dimanfaatkan warga untuk mengairi lahan sawah warga sekitar. Sedikitnya 15 hektare sawah di desa itu bergantung dari Dam Londo.

"Ini juga untuk mendukung Dam Londo menjadi destinasi wisata. Karena dam ini peninggalan zaman Belanda yang sarat dengan histori. Ini yang juga ingin kami angkat. Tidak ada jalan lain kecuali mempertahankan debit air agar tidak semakin berkurang. Selain dengan rajin menanam pohon, kita juga harus menghemat penggunaan air," ujarnya.

Selain kampanye penanaman pohon secara serentak di berbagai sumber air, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi lingkungan yang dilaksanakan secara virtual dan diikuti 200 peserta dari pelajar SD/SMA. Serta dirangkai penebaran benih ikan nila di areal Dam Londo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022