Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi yang cukup tinggi terhadap perjuangan perawat yang menjadi garda terdepan cukup signifikan selama masa pandemi COVID-19.

"Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan perawat yang tak kenal lelah membantu menangani pandemi COVID-19. Selamat Hari Perawat Nasional," katanya di Kediri, Jumat.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap perjuangan para perawat dalam menangani dan melayani masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19.

Perawat juga berperan serta dalam promosi kesehatan dengan mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian.

Wali kota menambahkan perawat di Kota Kediri juga berperan aktif dalam menyukseskan percepatan vaksinasi COVID-19.

Untuk itu, dalam rangkaian Hari Perawat Nasional, wali kota memberikan apresiasi yang mendalam untuk kinerja perawat.

"Sungguh luar biasa perjuangan teman-teman perawat ini. Terima kasih atas kolaborasi yang telah kita lakukan selama ini dalam penanganan pandemi COVID-19. Semoga pandemi ini segera berakhir," kata dia.

Sementara itu, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Kediri Erwanto mengatakan di Kota Kediri terdapat 2.193 perawat yang tersebar di puskesmas, klinik, rumah sakit, dan pendidikan.

Sejak pandemi COVID-19 sampai saat ini, terdapat 361 perawat yang terkonfirmasi COVID-19. Dari jumlah itu, lima di antaranya meninggal dunia.

Ia menambahkan PPNI Kota Kediri juga mendukung program pemerintah serta berupaya membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dengan memberikan bantuan bahan pokok.

Menurut ia, dalam rangkaian Hari Perawat Nasional 2022, merupakan pendorong semangat dari para perawat, terlebih lagi di Kota Kediri untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik lagi.

"HUT kali ini menjadi momentum untuk mengingatkan kembali komitmen dari seorang perawat sebagai pelayan masyarakat. Komitmen ini diharapkan sebagai pendorong bagi perawat di Kota Kediri untuk tetap melaksanakan tugas mulia profesi di segala situasi dan kondisi dalam melayani masyarakat menuju bangsa yang sehat dan bebas COVID-19," kata Erwanto.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022