Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menghadapi rencana pembangunan bandar udara dan jalan tol yang dimungkinkan akan berefek besar terhadap perekonomian daerah setempat. 

"Arah kebijakan agar kami bisa mendapat manfaat dari pembangunan bandara dan jalan tol, kami ingin meningkatkan kualitas SDM. Salah satu upayanya dengan membangun SMP 9 yang ada di Kecamatan Pesantren. Nanti di Kecamatan Pesantren ini juga akan jauh lebih ramai," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kota untuk Penyusunan RKPD tahun 2023 di Aula Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Kamis.

Wali Kota juga berharap agar pembangunan yang dilakukan di Kota Kediri berkelanjutan dan terintegrasi. Dalam melaksanakan pembangunan harus benar-benar memikirkan dampaknya bagi masyarakat, sehingga nantinya kemanfaatan bagi masyarakat akan lebih besar lagi. 

Sementara itu, Camat Pesantren Widiantoro mengatakan Musrenbang Kecamatan Pesantren ini diawali dengan musrenbang di tingkat kelurahan pada tanggal 2-4 Februari 2022. 

Untuk Kecamatan Pesantren ada 123 usulan. Bidang A meliputi pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, ketentraman ketertiban, pelayanan umum, kebudayaan dan pariwisata sejumlah 42 usulan. Bidang B meliputi lingkungan hidup, perumahan, dan fasilitas umum ada 45 usulan. Bidang C meliputi perekonomian, ketahanan pangan dan pengembangan usaha ada 34 usulan. Serta ada 2 usulan hibah langsung.

"Saya sudah sampaikan kepada delegasi dari kelurahan agar memberikan usulan yang sifatnya benar-benar urgent untuk masuk di skala musrenbang," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Asisten Administrasi Umum Nur Muhyar, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, Camat Pesantren Widiantoro, dan Lurah se-Kecamatan Pesantren. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022