Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022,  Rabu, menggandeng pemkab, polresta, dan TNI menggelar vaksinasi ketiga (booster).

Dalam kegiatan yang digelar di Taman Blambangan ini, tercatat sebanyak 760 warga disuntik vaksin ketiga. Vaksinasi digelar sebelum kegiatan tasyakuran dan pemotongan tumpeng dalam rangka peringatan HPN ke- 76 tahun.

"Kegiatan ini kami kemas dalam kegiatan Hari Pers Nasional dengan kegiatan vaksinasi. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat," ujar Ketua PWI Banyuwangi, Saifudin Mahmud.

Menurut dia, kegiatan vaksinasi booster ini dilakukan sebagai bentuk keikutsertaan wartawan di Banyuwangi dalam upaya penanganan COVID-19 di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu yang juga hadir dalam kegiatan itu menyampaikan bahwa vaksinasi adalah salah satu cara menghadapi pandemi.

"Ayo, kita sukseskan vaksin booster. Vaksin adalah salah satu cara kita menghadapi pandemi ini," katanya.

Kegiatan vaksinasi booster ini, kata Kapolresta Nasrun, akan terus digenjot di Banyuwangi dengan melibatkan banyak elemen. Apalagi, saat ini Banyuwangi masuk level 2 PPKM.

"Sinergitas adalah kunci untuk keberhasilan penanganan pandemi, termasuk pelaksanaan vaksinasi. Kami ucapkan terima kasih kepada PWI yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi ini," ujarnya.

Saat ini, kata Kapolresta, pihaknya terus menggerakkan Pamor Keris untuk kegiatan penanganan COVID-19 di Banyuwangi. Tak hanya melakukan vaksinasi booster, Pamor Keris juga menggelar penertiban dan sosialisasi protokol kesehatan. 

"Pamor Keris terus bergerak. Tentu kegiatan vaksinasi dan sosialisasi protokol kesehatan terus kami lakukan ke masyarakat," ujarnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, secara terpisah mengucapkan terima kasih atas kegiatan vaksinasi ketiga yang digelar secara kolaborasi. Ini sebagai bukti kegiatan penanganan COVID-19 di Banyuwangi dilakukan secara keroyokan.

"Kami Pemkab Banyuwangi tidak bisa berjalan sendiri. Tentu kontribusi dari seluruh elemen termasuk wartawan ini akan membantu cepatnya penanganan pandemi," ucapnya.

Bupati Ipuk juga mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada wartawan di Banyuwangi.

"Semoga wartawan semakin bisa menyuarakan kebenaran dan membantu masyarakat melalui pemberitaan yang edukatif, solutif dan menyejukkan," tutur Ipuk. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022