Puluhan rumah warga dua dusun di Desa Talkandang, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, porak-poranda setelah diterjang angin puting beliung yang diserta hujan deras pada Selasa petang.

Analis Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Gatot Trikorawan menyampaikan angin puting beliung di Dusun Lugundang Timur/Barat, Desa Talkandang, terjadi pada sekitar pukul 17.00 WIB.

"Angin puting beliung disertai hujan deras pada sore hari tadi mengakibatkan sedikitnya 22 rumah warga di dua dusun mengalami kerusakan ringan, sedang hingga rusak berat," kata Gatot saat dihubungi di Situbondo.

Ia merinci, rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung di Dusun Lugundang Barat sebanyak tujuh unit yang mengalami kerusakan. Sedangkan, di Dusun Lugundang Timur tercatat sebanyak 15 rumah.
 
Tiang listrik roboh dan menimpa rumah warga di Desa Talkandang, Situbondo. Selasa (18/1/2022) malam (ANTARA/HO-BPBD Situbondo)

Tidak hanya rumah warga porak-poranda diterjang angin puting beliung, beberapa pohon dan tiang listrik juga roboh hingga menimpa rumah warga.

"Rumah yang mengalami rusak ringan rata-rata rusak di bagian atapnya. Sedangkan rumah warga yang rusak berat, ada beberapa rumah semi permanen yang ambruk," ujar Gatot.

Bupati Situbondo Karna Suswandi turun langsung ke lokasi peristiwa bencana alam angin puting beliung dan menemui korban bencana sekaligus memberikan bantuan paket sembako.

"Pak Bupati turun langsung ke lokasi dan membantu mengevakuasi pohon yang tumbang ke rumah warga, serta membagikan sembako kepada korban bencana," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022