Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta warga mematuhi protokol kesehatan yang berlaku demi mencegah penyebaran COVID-19 terlebih lagi sudah masuknya COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

"Masyarakat jangan panik, yang penting tetap memakai masker, patuhi protokol kesehatan," kata Bupati Kediri di Kediri, Sabtu.

Pihaknya mengungkapkan kasus COVID-19 di Kabupaten Kediri saat ini terus menunjukkan penurunan. Namun, dirinya berharap masyarakat tidak abai demi mencegah terjadi lonjakan kenaikan COVID-19.

Pemkot Kediri juga terus menggalakkan vaksinasi COVID-19, sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus tersebut. Vaksinasi dilakukan dengan harapan tercapainya kekebalan kelompok.

"Saya meminta vaksinasi tetap digenjot, masyarakat juga kami imbau untuk tetap disiplin prokes," katanya.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, selama tiga hari berturut sejak Rabu (15/12) di Kabupaten Kediri nol kasus COVID-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Ahmad Khotib mengungkapkan, capaian vaksinasi di 26 Kecamatan telah melampaui target yang ditentukan. Sampai dengan Jumat (17/12) dosis pertama tercatat 72 persen dan 64 persen untuk lansia.

Hal itu juga sesuai dengan target Bupati, sebelum Natal dan Tahun Baru 2022 capaian vaksinasi minimal 70 persen untuk dosis pertama dan 60 persen untuk lansia.

Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Kediri, kata Ahmad Khotib akan dilakukan pekan depan.

"Senin depan (20/12) kami akan mulai melakukan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun," kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun itu akan menyasar sekolah dasar dan madrasah. Dinkes Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri yang membawahi sekolah dasar, dan Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang membawahi madrasah. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021