Polres Sumenep, Jawa Timur menerjunkan tim gabungan ke Kepulauan Sumenep, guna meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah itu yang masih rendah.

Menurut Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti di Sumenep, Sabtu, tim yang diterjunkan ke kepulauan di Kabupaten Sumenep itu, gabungan antara personel Polres Sumenep dengan TNI dari Kodim 0827 Sumenep.

"Sasaran awal program serbuan vaksinasi di Kepulauan Sumenep di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean," kata Widi.

Selanjutnya tim akan bergerak ke pulau-pulau berpenghuni lainnya secara bergantian agar cakupan vaksinasi bisa meningkat.

Pada setiap kegiatan vaksinasi itu, petugas gabungan guna menggelar operasi penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Jadi, selain ada operasi rutin yang biasa digelar setiap hari di titik-titik tertentu, pada saat yang bersamaan dengan pelaksanaan program vaksinasi di wilayah sasaran juga digelar operasi," katanya.

Widi menjelaskan, dengan cara seperti itu, diharapkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan disiplin penegakan protokol kesehatan akan meningkat.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Sumenep merilis, jumlah warga di kabupaten paling timur di Pulau Madura itu yang divaksin baru sekitar 20 persen dari total jumlah penduduk.

Jumlah ini masih sangat rendah, karena target minimal cakupan vaksinasi yang ditetapkan pemerintah 70 persen.

"Untuk bisa mencapai target minimal ini, maka kami butuh kerja keras, termasuk dengan cara datang secara langsung ke kepulauan," kata Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

Program vaksinasi dengan sasaran warga kepulauan itu, mulai sejak Jumat (3/12/2021) dan hingga Sabtu (4/12/2021) warga yang telah disuntik vaksin mencapai 529 orang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021