Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur menargetkan kegiatan pelatihan dasar bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah setempat tuntas pada akhir tahun 2021.

"Target kami pada akhir Desember 2021 pelatihan dasar (latsar) harus selesai semua," ujar Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai dihubungi di Surabaya, Selasa.

Namun, kata dia, jika belum selesai maka pihaknya akan meminta izin ke Lembaga Administrasi Negara (LAN) agar bisa diperpanjang waktunya hingga Januari 2022.

Pelaksanaan pelatihan dasar bagi CPNS di Jatim formasi tahun 2019 baru digelar Maret 2021 akibat pandemi COVID-19.

Rinciannya, pelaksanaan latsar bagi CPNS Formasi 2019 terbagi pada tahun 2021 sebanyak 10.853 orang, dan tahun 2022 sebanyak 4.697 orang.

Hingga November 2021, sudah tercatat 6.156 peserta selesai menjalani latsar, sedangkan 4.697 peserta lainnya masih mengikuti berbagai tahapan.

Proses latsar CPNS ditempuh selama 2,5 bulan, dan harus dilalui dengan berbagai tahapan, seperti blended learning, yakni metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi daring, kemudian pelatihan daring serta kelas.

Sementara itu, Aries Agung mengaku pernah melaporkan ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat dilakukan pembukaan latsar di Malang bahwa akan mempercepat pelaksanaan pelatihan CPNS 2021.

"Seharusnya sejak 2019 terus berjalan karena kegiatan ini untuk memenuhi persyaratan para CPNS menjadi PNS. Apalagi batas waktu yang ditentukan hanya setahun. Kasihan mereka kalau tidak segera mengikuti latsar," katanya.

"Setelah terangkat jadi CPNS harus menjadi PNS maka latsar harus cepat dilaksanakan," tambah mantan Kepala Biro Humas dan Protokol (sekarang Biro Administrasi Pimpinan) Setdaprov Jatim tersebut.

Di sisi lain, pada Senin (15/11) dilaksanan latsar di salah satu hotel di Kabupaten Sidoarjo yang diikuti sebanyak 120 orang.

Peserta merupakan CPNS golongan III angkatan 187, 188 dan 189 tahun 2021, yang berasal dari Kabupaten Kediri, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto.

Diharapkan, lanjut dia, setelah kasus pandemi COVID-19 melandai, maka berbagai program latsar CPNS bisa digelar di berbagai kabupaten/kota di Jatim. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021