Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (13/11) malam, menggelar pemilihan Duta Wisata Kakang Embhug 2021 sekaligus peluncuran Calendar of Event Tahun 2022.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan pemilihan Duta Wisata Kakang Embhug menjadi momentum penting seiring dibukanya tujuan wisata baru, yakni wisata pantai Merak-Baluran di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.
Kepala Dinas Pariwisata Situbondo memberikan sambutan di acara Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kakang Mbhug. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/Novi H)


"Siapapun dari sepuluh orang finalis Duta Wisata Kakang Embhug yang terpilih nantinya, diharapkan mampu menyosialisasikan mengenai destinasi wisata maupun budaya Situbondo," ujar Bung Karna, sapaan bupati, dalam sambutannya di acara Grand Final Duta Wisata Kakang Embhug di Gedung Serbaguna Situbondo.

Perusahaan daerah (Perusda) Pasir Putih nantinya bisa menjadi UPT dan dikelola oleh Dinas Pariwisata. Harapannya, kata dia, Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)

"Duta wisata harus benar-benar memiliki SDM yang mumpuni dan bisa menjad duta wisata. Saya optimistis dengan dibukanya akses ke destinasi wisata pantai Merak-Baluran, pariwisata di Situbondo ke depan akan semakin maju," ujarnya.
10 pasangan finalis Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kakang Mbhug. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/Novi H)


Dalam RPJMD, kata Bung Karna, yang menjadi prioritas dalam dokumen perencanaan untuk lima tahunan itu, yakni selain pariwisata, juga program infrastruktur, pertanian dan pariwisata.

"Pembangunan infrastruktur menjadi perhatian karena meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakt di tingkat bawah atau di desa-desa," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Tutik Margianti mengaku, pemilihan Kakang-Embug merupakan agenda rutin Dinas Pariwisata. Pemilihan Kakang-Embug ini menjadi momentum awal dibukanya pusat wisata di Situbondo.

"Mereka kami harapkan bisa melakukan sosialisasi, mengenalkan destinasi wisata yang berujung naiknya angka kunjungan ke Situbondo," ujarnya.
 
Grand final pemilihan Duta Wisata Kakang Embhug 2021 dan peluncuran Calendar Of Event Situbondo. Sabtu (13/11/2021) malam (ANTARA/Novi H)

Ia mengemukakan, bahwa pemilihan Kakang-Embug ini berlangsung ketat. Mulai dari 40 besar, mengerucut menjadi 20 besar hingga terpilih menjadi lima kategori, yakni Kakang-Embug, Wakil I Kakang-Embug, Wakil II Kakang-Embug, Kakang-Embug Busana Terbaik dan Kakang-Embug Kompeten.

"Pemilihannya berlangsung ketat. Mereka juga dikarantina di Pasir Putih selama empat hari untuk mendapatkan pembekalan di antaranya, materi bahasa Inggris, publik speaking, kepariwisataan, ekonomi kreatif, etika dan kepribadian," kata Tutik.

Dalam pemilihan Duta Wisata Kakang Embhug 2021, selain dihadiri langsung Bupati Karna Suswandi, tampak hadir pula Komandan Kodim 0823, Kapolres Situbondo, Sekda dan sejumlah pejabat lainnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021