Para atlet selam menggelar aksi membersihkan sampah plastik di tepi pantai dan di dasar laut Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Aksi memungut sampah di pantai Pasir Putih ini mengawali ajang Kejurda selam nomor laut yang digelar oleh Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, bekerja sama dengan Pemkab Situbondo.

"Kami ingin setiap event selam diawali dengan bersih-bersih pantai dan laut, karena sampah plastik dapat merusak biota laut," ujar Ketua POSSI Jawa Timur, Mirza Muttaqin usai memungut sampah di dasar laut Pasir Putih Situbondo.
Atlet selam serahkan sampah kepada Wabup Situbondo Nyai Hj. Khoirani di pantai Pasir Putih Situbondo. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/ Novi H)


Ia menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah laut juga sebagai upaya mengedukasi kepada masyarakat sekitar pantai agar menjaga laut dari sampah, terutama sampah plastik.

"Bersih-bersih pantai dan laut ini adalah sebuah inisiasi yang pertama, dan kami harapkan ini menjadi sebuah gerakan yang dilakukan setiap ada kegiatan kejuaraan," tuturnya.

Mirza menambahkan, ada sekitar 20 penyelam yang memungut sampah di kedalaman hingga 10 meter. Sampah yang dibersihkan rata-rata sampah plastik, seperti botol air minum, masker, tempat makanan dan lainnya.
 
Atlet selam memungut sampah di tepi pantai Pasir Putih Situbondo. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/ Novi H)

"Kegiatan bersih-bersih sampah di pantai ini sekaligus menjadi pembuka event selam nomor laut yang digelar POSSI Jatim. Ada 286 atlet open water finswiming dan 39 atlet orientasi bawah air (OBA)," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Situbondo Nyai Hj. Khoirani yang hadir membuka ajang Kejurda selam itu, menyampaikan terima kasih kepada POSSI Jatim yang telah menggelar aksi bersih-bersih sampah di Pasir Putih.

"Terima kasih atas dedikasinya kepada masyarakat di Situbondo. Semoga kegiatan bersih-bersih pantai ini, bisa menjadi tauladan sehingga laut kita bersih dari sampah," ujarnya.
 
Wabup Situbondo Nyai Hj Khoirani foto bersama penyelam dan atlet selam usai aksi bersih-bersih sampah di pantai Pasir Putih Situbondo. Sabtu (13/11/2021) (ANTARA/Novi H)

Khoirani mengaku, pasir putih adalah aset Pemkab Situbondo. Pantai yang indah dengan ketenangan ombaknya, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Terlebih, pantai ini menjadi langganan gelaran event selam mulai tingkat regional, nasional dan internaisonal.

"Pasir Putih memang indah. Dengan gelaran event di pantai ini, saya yakin roda perekonomian di Situbondo akan bergerak maju," bebernya.

Khoirani mendoakan keselamatan dan kesehatan para atlet selam yang sedang bertanding, termasuk juga semua pihak yang terlibat dalam Kejurda selam nomor laut di Pantai Pasir Putih.

"Buat para atlet selam, selamat bertanding. Junjung tinggi sportivitas. Dan semoga acara ini lancar dan memberikan manfaat bagi kita semua," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021