Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengenakan pakaian bertemakan pahlawan pada saat peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November pada Rabu.

."Kami mengimbau ASN menggunakan pakaian bertema pahlawan pada tanggal 10 November 2021," kata Sekda Lumajang Agus Triyono seraya menambahkan bahwa  hal itu sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Daerah Nomor 460/253/1427.42/2021 perihal Peringatan Hari Pahlawan Kabupaten Lumajang.

Menurutnya peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 mengusung tema "Pahlawanku Inspirasiku". Hari Pahlawan di Lumajang diperingati dengan serangkaian kegiatan yakni upacara bendera,  ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, lanjut dia, juga dilaksanakan mengheningkan cipta secara serentak selama enam puluh detik yang dimulai pada pukul 08.15 WIB.

Ia mengatakan pengibaran bendera merah putih satu tiang penuh selama satu hari pada 10 November 2021 di instansi-instansi pemerintah dan swasta, kesatuan TNI dan Polri, lembaga pendidikan dan lingkungan pemukiman penduduk atau masyarakat.

Sementara itu, pelaksanakan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa di Jalan Ahmae Yani, Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang berjalan lancar.

Upacara tersebut dipimpin secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang Dewi Susiyanti.

"Hari Pahlawan 10 November merupakan satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia," katanya.

Ia mengatakan pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945 itupun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

"Hari Pahlawan diperingati untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah dari Indonesia," ujarnya. (*)




Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021